SOLOPOS.COM - Embung Mini Jrahi, Pati. (Istimewa/Instagram @jrahi_sakpore)

Solopos.com, PATI — Melepas penat dengan duduk santai sambil melihat pemandangan menyejukkan menjadi hal yang wajib dicoba di Embung Mini Jrahi, Pati. Tempat ini bisa menjadi alternatif tempat santai yang menyenangkan.

Bertemankan pemandangan air yang tenang dan panorama Gunung Muria yang menjulang biru menambah sensasi istimewa ketika berada di sini.

Promosi Jelang Lebaran, BRI Imbau Nasabah Tetap Waspada Modus Penipuan Online

Embung Mini Jrahi berlokasi di Desa Jrahi, Kecamatan Gunungwungkal, Kabupaten Pati. Layaknya embung pada umumnya, Embung Mini Jrahi difungsikan untuk menampung kelebihan air ketika musim hujan yang kemudian digunakan untuk persediaan saat musim kering tiba.

Dilansir dari tic.patikab.go.id, selama musim kering, air tersebut akan dimanfaatkan desa untuk memenuhi kebutuhan penduduk. Biasanya digunakan menyirami benih-benih pohon durian milik warga setempat.

Selain itu, tempat ini juga sering digunakan masyarakat setempat sekadar melepas penat dan menikmati pemandangan pegunungan di Desa Jrahi.

Tak hanya masyarakat Desa Jrahi, embung ini sudah banyak menjadi jujukan wisata pengunjung dari berbagai daerah ketika berkunjung ke Pati.

Kawasan yang mempunyai dua fungsi ini juga cukup ramai dipadati pengunjung, terutama saat akhir pekan. Mayoritas pengunjung yang datang adalah kalangan anak muda.

Menariknya, kini Embung Mini Jrahi diisi berbagai macam ikan hias. Pengunjung bisa melihat warna-warni ikan yang berenang ke sana-kemari. Pengunjung pun diperbolehkan memberi makan ikan-ikan tersebut dengan pakan yang sudah disediakan pengelola embung.

Di sebelah embung mini sudah dibangun kafe yang bernama JKopi. Di sana kita dapat menikmati pemandangan pegunungan yang indah sembari menikmati hidangan makanan dan minuman khas JKopi.

Bahan makanan dan minuman yang disajikan pun berasal dari daerah sekitar Desa Jrahi sendiri. Sehingga selain untuk mengembangkan kawasan wisata, dengan hadirnya wisata Embung Mini Jrahi dapat meningkatkan ekonomi masyarakat Desa Jrahi dan sekitarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya