SOLOPOS.COM - Sate Blengong Pak Diryono, merupakan salah satu makanan khas dari Kota Tegal. Sate Blengong Pak Diryono sudah ada sejak 1997 dan berada di Jalan Sawo, Asem Tiga, Kecamatan Tegal Barat, Kota Tegal. Senin (17/4/2023).(Solopos.com/Gigih Windar Pratama).

Solopos.com, TEGAL — Sate Blengong Pak Diryono merupakan salah satu makanan khas dari Kota Tegal. Sate Blengong Pak Diryono sudah ada sejak 1997 dengan alamat tepat di Jalan Sawo, Asem Tiga, Kecamatan Tegal Barat, Kota Tegal.

Sate Blengong Pak Diryono buka mulai pukul 15.00 WIB. Saat Tim Ekspedisi Mudik Solopos datang ke kios milik Pak Diryono pada Senin (17/4/2023), pembeli sudah ramai mengantre.

Promosi Kuliner Legend Sate Klathak Pak Pong Yogyakarta Kian Moncer Berkat KUR BRI

Para pembeli mayoritas memilih untuk makan di tempat sembari menunggu waktu buka puasa.

Blengong merupakan persilangan antara bebek dengan angsa. Sate Blengong Pak Diryono  menjadi favorit adalah  blengong yang diolah adalah hasil indukan kawin silang antara bebek dengan angsa, bukan dari sepasang blengong yang diternakkan.

Satai blengong memiliki tekstur mirip ayam tetapi dengan kelembutan seperti daging sapi. Selain itu, Satai blengong juga memiliki daging yang putih dengan tekstur lembut.

Satai blengong diklaim lebih rendah kolestreol dibandingkan sate kambing.

Satai blengong biasanya disajikan dengan ketupat yang disiram dengan bumbu santan kuning, bersama cabai rawit merah yang telah dihaluskan.

Bumbu satai blengong sedikit berbeda dengan bumbu satai kambing. Meski sama-sama mengandalkan kecap sebagai bahan utamanya, bumbu satai blengong lebih gurih dan kental dibandingkan bumbu satai kambing. 

Ada bahan bumbu khusus yang dipakai untuk Satai Blengong ini sendiri. Selain itu, cabe rawit merah juga dipilih sebagai paduan santan sebagai pewarnaan agar lebih menggugah selera.

Untuk harga satai blengong dipatok Rp5.000 per tusuk dan disajikan sebanyak lima tusuk dalam satu porsi.

Sedangkan untuk ketupatnya hanya perlu membayar Rp5.000. Di Sate Blengong Pak Diryono, anda bisa memilih jenis satai, mulai dari bakar, goreng hingga semur.

Selain itu, anda juga bisa memilih untuk daging blengong secara utuh dengan harga Rp9.000 per potong. Tim Ekspedisi Mudik Solopos melihat, di sekitar Satai Blengong Pak Diryono masih banyak ragam kuliner satai blengong lainnya dengan harga yang bersaing.

Ekspedisi Mudik 2023 didukung oleh PT ASDP Indonesia Ferry, PT KAI, Pertamina Patra Niaga, Nasmoco, dan Pusat Oleh-Oleh Khas Solo Era Jaya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya