SOLOPOS.COM - Kondisi tempat kejadian perkara atau TKP di perlintasan sebidang di Jalan Madukoro, Kota Semarang, Jawa Tengah (Jateng), Selasa (18/7/2023). (Solopos.com/Adhik Kurniawan).

Solopos.com, SEMARANG – Manager Humas KAI Daops 4 Semarang, Ixfan Hendri Wintoko, menegaskan evakuasi bangkai KA Brantas dengan truk trailer yang terjadi di perlintasan sebidang Jalan Madukoro, Kota Semarang, Jawa Tengah, Selasa (18/7/2023) malam, ditarget selesai Rabu (19/7/2023) malam ini. Tujuanya agar tak terjadi keterlambatan KA yang semakin parah.

“Lanjut hari ini [dini hari]. Hari ini harus selesai. Karena kedua jalur harus bisa segera dilewati. Kenapa? Karena untuk meminimalisir kelambatan yang lebih tinggi lagi,” tegas Ixfan di lokasi kejadian.

Promosi Waspada Penipuan Online, Simak Tips Aman Bertransaksi Perbankan saat Lebaran

Pantauan Solopos.com, bangkai belakang truk yang ada di bagian hilir, kondisinya saat ini telah selesai dievakuasi. Jalur perlintasan tersebut kondisinya telah normal atau bisa dilewati kereta dari arah timur ke barat maupun barat ke timur.

KAI Daops 4 Semarang pun tak menampik bila keterlambatan kereta masih berlanjut dan diprediksi sampai besok pagi. Namun ia menegaskan, kondisi saat ini sudah sedikit terurai karena perlintasan bahian hilir telah bisa dilalui secara bergantian.

“Hari ini memang banyak keterlambatan, dan mungkin besok masih ada. Tapi engakk terlalu banyak. Karena sudah terurai satu jalur. Kemudian keterlambatan ini rata-rata 45 sampai 1 jam,” ujarnya.

Terkait kendala pada bagian hulu yang hingga kini masih dievakuasi, karena badan kereta posisinya anjlok di jembatan. Sehingga badan rel perlub di dongkrak agar balik ke jalurnya untuk bisa ditarik mundur atau keluar dari jembatan.

“Kedua, jalur hulunya ini nanti jalau sudah diangkat rodanya keatas rel, akan diamankan,” imbuhnya.

Sekadar informasi, saat ini terdapat 10 KA lainnya yang mengalami keterlambatan dari sebelumnya yang hanya sembilan. Ke-10 KA itu yakni KA 178 Kamandaka sebanyak 126 menit, KA 199F Kaligung 140 menit, KA 111 Brantas 86 menit, KA 129 Gumarang 115 menit, KA 220 Kertajaya 87 menit, KA 20F Argo Merbabu 107 menit, KA 160 Joglosemarkerto 74 menit, KA 58 Brawijaya 66 menit, KA 125 Harina 2 menit, dan 200F Kaligung 2 menit.

Diberitakan sebelumnya, telah terjadi kecelakaan kereta api dengan truk trailer di perlintasan sebidang Jalan Madukoro, Kota Semarang, Jawa Tengah, Selasa (18/7/2023) malam. Kecelakaan itu mengakibatkan kebakaran dan kemacetan hebat di jembatan sungai Banjir Kanal Barat (BKT) dan sekitarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya