SOLOPOS.COM - Museum Kailasa di Dataran Tinggi Dieng, Kabupaten Banjarnegara. (kemendikbud.go.id)

Solopos.com, BANJARNEGARA — Berwisata di Dataran Tinggi Dieng, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah (Jateng), tidak melulu tentang alam. Wisata di Dieng juga bisa sambil mempertebal wawasan dengan mengunjungi Museum Kailasa.

Museum Kailasa masuk dalam daftar wisata Dieng yang wajib dikunjungi. Tempat wisata yang sarat akan budaya dan sejarah Indonesia ini memiliki sejarah panjang dan menarik.

Promosi BRI Cetak Laba Rp15,98 Triliun, ke Depan Lebih Fokus Hadapi Tantangan Domestik

Museum Kailasa memiliki koleksi yang sangat beranekaragam dan tidak boleh dilewatkan bagi pencinta wisata sejarah. Berikut informasi tentang Museum Kailasa sebagai referensi wisata di Dieng saat liburan.

  • Lokasi

Alamat Museum Kailasa berada di Karangsari, Desa Dieng Kulon, Kecamatan Batur, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah. Museum Kailasa ini terletak di dekat Candi Arjuna, sekitar 2 menit berjalan kaki. Lokasi Museum Kailasa ini juga dekat dengan Telaga Warna Dieng, sekitar 1,5 km atau 5 menit dengan menggunakan mobil. Yakni dengan menuju Jl. Arjuna, lokasi Museum Kailasa berada di sebelah kanan.

  • Sejarah Singkat

Dikutip dari berbagai sumber, Museum Kailasa di Desa Dieng Kulon, Kecamatan Batur, Kabupaten Banjarnegara, dibangun pada tahun 1984 dan menyimpan koleksi sejarah yang berkaitan dengan candi di Dieng. Kemudian dibangun gedung berikutnya yang diresmikan sekitar tahun 2008 oleh Menteri Pariwisata dan Kebudayaan saat itu sampai terlihat seperti sekarang ini. Koleksi sejarah Museum Kailasa menambah khazanah budaya Indonesia dan sebagai bangsa yang memiliki banyak cerita sejarah dan budaya.

  • Fakta Menarik

Museum Kailasa merupakan museum yang memberikan banyak informasi tentang Dataran Tinggi Dieng dan terdiri dari 3 bangunan utama yaitu :

  1. Tempat penyimpanan benda cagar budaya
  2. Tempat informasi/artefak dan lokasi pemutaran film yang berkaitan tentang Dieng.
  3. Tempat untuk pertunjukan dan pertemuan besar

Ada juga beberapa gazebo sebagai tempat beristirahat dan menikmati pemandangan Dieng. Museum Kailasa memiliki banyak tempat untuk dijelajahi, termasuk taman yang indah, yang memberikan gambaran visual tentang Dieng. Tanamannya sangat berwarna dan dipadukan dengan lokasi yang bersih sehingga semakin membuat betah untuk bersantai. Pemandangan di Dieng memang benar-benar tidak akan pernah membuat kita menyesal.

Museum Kailasa juga akan memberikan informasi yang lengkap tentang Dieng mulai sejarah hingga kehidupan sehari-hari masyarakat Dieng. Bahkan ditampilkan juga film untuk dilihat pengunjung. Saat ini wisata sejarah tidak lagi membosankan dan banyak hal menarik yang bisa kita lakukan. Seperti halnya Museum Kailasa, selain bisa memahami budaya Diang juga bisa menikmati panorama alam yang menyegarkan. Kemudian juga bisa foto-foto cantik di sekitar Museum Kailasa, terutama di sekitar taman warna-warni yang asri.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya