SOLOPOS.COM - Prof. Sadono Sukirno saat memaparkan materi dalam kuliah tamu di UKSW Salatiga, Rabu (21/2/2024). (Istimewa)

Solopos.com, SEMARANG — Program Studi (Prodi) Ilmu Ekonomi Fakultas Ekonomika dan Bisnis (FEB) Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW) Salatiga menggelar kuliah dengan menghadirkan pakar ekonomi pembangunan, Profesor emiritus dari University of Malaya, Prof Sadono Sukirno. Kuliah yang digelar di Ruang FE319 Kampus UKSW Salatiga itu membahas tuntas tentang konsep Makroekonomi.

Kuliah tamu yang mengusung topik Mengenal Prinsip-prinsip Makroekonomi dan Aplikasinya itu diikuti 73 peserta. Kuliah ini turut diampu tiga dosen, yakni Brigitta Dian Saraswati, Eranus Yoga Kundhan, dan Yulius Pratomo.

Mengawali paparannya, Prof. Sadono Sukirno mengajukan pertanyaan kepada para peserta mengenai konsep dan analisis yang digunakan dalam ilmu ekonomi. “Kita perlu memahami terlebih dahulu konsep makroekonomi sebagai bagian dari analisa ekonomi,” ungkapnya.

Menurutnya, terdapat dua pendekatan yang digunakan untuk menerangkan kegiatan ekonomi yaitu pendekatan bersifat deskriptif dan teoritis. Prof. Sadono Sukirno menuturkan kegiatan ekonomi dalam perekonomian terbagi menjadi dua sisi, yakni sisi produksi dan sisi perbelanjaan barang.

“Bidang studi makroekonomi digunakan untuk menganalisa perbelanjaan yang dilakukan dalam ekonomi,” jelasnya.

Dalam paparannya, Prof. Sadono Sukirno menekankan beberapa bentuk analisis dalam teori makroekonomi seperti menganalisis perbelanjaan dalam perekonomian dan persoalannya, hingga tahap analisis.

Penulis buku berjudul Prinsip-Prinsip Ekonomi, Teori Dasar dalam Mikroekonomi dan Makroekonomi ini, mengungkapkan persoalan ekonomi yang dianalisis dapat dibedakan menjadi empat aspek. Pertama, kekurangan dan kelebihan perbelanjaan agregat yang menimbulkan pengangguran dan inflasi. Kedua analisis mengenai perbelanjaan dalam ekonomi yang dibagi menjadi tiga bentuk yaitu peranan perbelanjaan agregat, uang, dan harga.

“Aspek yang ketiga yaitu masalah kebijakan fiskal, moneter, dan pemerintahan. Kemudian, yang keempat adalah masalah kebijakan ekonomi jangka panjang seperti pertumbuhan dan pembangunan ekonomi,” jelasnya.

Di akhir paparannya, Prof. Sadono Sukirno membagikan tahapan penting yang perlu dilakukan untuk menganalisis persoalan ekonomi tersebut. Tahapan tersebut yakni melakukan pendekatan yang bersifat elementer, intermediate, dan lanjutan.

Saat ditemui di sela kegiatan, Ketua Program Studi (Kaprodi) IE, Prof. Gatot Sasongko, menerangkan dengan dilaksanakannya kegiatan ini diharapkan mahasiswa tidak hanya memahami makroekonomi secara teori saja melainkan juga bagaimana penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.

“Tidak hanya untuk mahasiswa, kegiatan ini juga mendorong para dosen Prodi IE untuk menyusun buku ajar tentang Pengantar Ilmu Ekonomi, Mikroekonomi, Makroekonomi, Ekonomi Pembangunan, Ekonomi Indonesia, dan Ekonomi Moneter,” ungkapnya.

Sementara itu, Ketua kegiatan Yustinus Wahyudi, mengungkapkan bahwa kuliah tamu ini merupakan salah satu internasionalisasi yang dilakukan oleh Prodi IE. Selain itu, kegiatan workshop penyusunan buku ajar juga diadakan hingga Kamis (22/2/2024) di Ruang FE335 FEB bersama Prof. Sadono Sukirno dan tim publisher dari Prenada Media Yogyakarta.

Rekomendasi
Berita Lainnya