SOLOPOS.COM - Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Salatiga, Valentino T. Haribowo (empat dari kiri), saat menggelar konferensi pers Festival dan Travelmart Salatiga Kita di Gedung Papak Balai Kota Salatiga, Rabu (16/11/2022). (Solopos.com/Hawin Alaina)

Solopos.com, SALATIGA — Pemerintah Kota Salatiga, Jawa Tengah (Jateng), bakal menggelar event besar bertajuk Festival dan Travelmart Salatiga Kita pada akhir pekan ini, Jumat-Minggu (18-20/11/2022). Acara yang digelar di halaman Kantor Pemkot Salatiga dan DPRD Kota Salatiga itu akan dimeriahkan puluhan pelaku UMKM dan 10 pengusaha kuliner legendaris asal Salatiga.

Tak hanya itu, acara tersebut juga akan diikuti puluhan biro perjalanan wisata yang akan mempromosikan gastronomi andalan Kota Salatiga, termasuk pesta durian.

Promosi BRI Catat Setoran Tunai ATM Meningkat 24,5% Selama Libur Lebaran 2024

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Salatiga, Valentino T. Haribowo, mengatakan festival tersebut digelar salah satunya bertujuan untuk membangkitkan ekonomi masyarakat, terutama pelaku UMKM pasca-pandemi Covid-19.

“Kegiatan ini merupakan representasi Kota Salatiga yang telah siap melakukan pemulihan ekonomi pasca-pandemi Covid-19, kenaikan harga BBM, dan lainnya. Kami berharap masyarakat dapat menikmati rangkaian kegiatan Festival dan Travelmart Salatiga Kita,” ujar Valentino saat menggelar jumpa pers di Gedung Pakpak Balai Kota Salatiga, Rabu (16/11/2022).

Kegiatan bertema ”One Stop Show, Competition, Business, & Service” itu, kata Valentino, juga akan dimeriahkan berbagai kegiatan. Antara lain pameran travelmart, pameran gastronomi, kuliner heritage, peluncuran buku, pameran batik, atraksi batik, parade kebaya, parade budaya, hingga festival tanaman hias.

Baca juga: Ratusan Warga Salatiga Ikuti Kirab Budaya HUT Pemuda Pancasila

Selain itu juga akan digelar Salatiga Singer Got Talent, parade musik, pameran kuliner kekinian, Salatiga Fashion Expo, hingga Parade Desainer Indoensia.

“Tidak ketinggalan juga ada kegiatan sosial donor darah, vaksin booster, dan pemeriksaan kesehatan. Digelar pula car free day, flasmob melibatkan 1.000 pelajar, fun bike, fun walk, bursa lukisan, lomba fotografi, lomba mata pelajaran, serta lomba menggambar dan mewarnai,” kata dia.

Ketua Panitia Travelmart, Dewi Lystiawati, mengaku pihaknya akan memulai kegiatan terlebih dahulu pada Kamis (17/11/2022) dengan mengajak puluhan biro wisata di Pulau Jawa melaksanakan kunjungan ke sejumlah wisata khusus di Kota Salatiga. Kunjungan wisata itu dikhususkan ke destinasi yang berkaitan dengan wisata gastronomi.

Baca juga: Tatap Kota Gastronomi, Pemkot Salatiga Latih Pelaku Kuliner

“Wisata ini tidak sekadar mengunjungi tempat kuliner, tetapi terkait bagaimana proses pembuatannya, seperti tumpang koyor, kampung susu, pusat oleh-oleh, Ronde Ny Ong, Naruna Keramik, dan lainnya. Program tersebut kemudian dipromosikan dan dijual dalam rangka mengangkat potensi wisata Salatiga,” ujarnya.

Sementara Pj Kepala Cabang BNI Salatiga, Widiastuti Aribawanti, menyatakan akan menghadirkan UMKM binaan BNI dan dilakukan peluncuran buku gastronomi oleh Pj Wali Kota Salatiga, Sinoeng Rachmadi. Grup Band BNI Salatiga juga mendukung penampilan Sinoeng Rachmadi dalam acara Nge-Jamm Bareng Mas Sinung.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya