SOLOPOS.COM - Ilustrasi nilai tukar rupiah terhadap dolar AS (JIBI/Solopos/Dok.)

ilustrasi nilai tukar rupiah terhadap dolar AS (JIBI/Solopos/Dok.)

Ilustrasi (JIBI/Solopos/Dok)

Fluktuasi nilai rupiah perlu disikapi serius pemerintah.  Salah satunya dengan memperkuat sisi ekonomi lokal 

Promosi Kisah Petani Pepaya Raup Omzet Rp36 Juta/bulan, Makin Produktif dengan Kece BRI

 

Kanalsemarang.com, SEMARANG – PT Danareksa Sekuritas merasa optimistis rupiah segera menguat selama Pemerintah melakukan sejumlah kebijakan ekonomi.

“Pemerintah harus memperkuat sisi ekonomi lokal, salah satunya adalah menarik investor masuk ke Indonesia,” kata Branch Manajer PT Danareksa Sekuritas Cabang Semarang Melcy RS Makarawung di Semarang seperti dikutip Antara, Kamis (19/3/2015).

Menurutnya, beberapa yang harus dilakukan di antaranya kemudahan izin, infrastruktur, UMK dibenahi, dan ada kepastian hukum sehingga sisi keamanan akan terjamin.

“Dengan adanya pabrik-pabrik besar yang masuk maka dana asing akan kembali masuk ke Indonesia. Selanjutnya rupiah menguat dan produksi manufaktur akan meningkat,” katanya.

Dampak positif yang lain di antaranya volume ekspor semakin banyak. Dari sisi ketenagakerjaan, dengan banyaknya pabrik tersebut maka jumlah pengangguran akan semakin rendah.

Sementara itu, pihaknya juga berharap agar Pemerintah baik di level presiden, menteri, hingga Bank Indonesia (BI) harus menyamakan pernyataan di hadapan masyarakat bahwa Pemerintah akan melakukan segala upaya agar rupiah kembali menguat.

“Misalnya Kementerian keuangan dan BI harus sering tampil di pasar dan media, tunjukkan bahwa mereka tidak suka kondisi rupiah melemah lebih dalam,” katanya.

Menurutnya, jika pernyataan pejabat berbeda-beda maka akan meresahkan masyarakat sehingga dampak dari melemahnya rupiah ini akan semakin terasa.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya