SOLOPOS.COM - Gedung eks Bank Danamon di kawasan Kanjengan, Pasar Johar, yang akan dipakai oleh Dinas Perdagangan Kota Semarang, Kamis (20/4/2023). (Solopos/Ponco Wiyono)

Solopos.com, SEMARANG – Dinas Perdagangan (Disdag) Kota Semarang segera berpindah menempati lokasi kantor baru di dekat Pasar Johar. 

Menurut Pelaksana tugas (Plt) Kepala Disdag Fajar Purwoto, kantor Disdag yang baru akan resmi pada Juni 2023.

Promosi Bertabur Bintang, KapanLagi Buka Bareng BRI Festival 2024 Diserbu Pengunjung

Kantor lama Disdag Semarang berada di Jalan Dr Cipto, Sarirejo, Semarang Timur. Sementara gedung baru nanti merupakan eks-Gedung Bank Danamon, di Jalan Aloon Aloon Barat, Bangunharjo, Semarang Tengah atau di Kawasan Kanjengan. 

Disdag bakal menempati gedung ini secara menyeluruh, tepatnya di ketiga lantai. Lantai satu adalah area parkir, dan lantai dua dan tiga untuk perkantoran. 

Saat ini, pihaknya tengah mempersiapkan segala sarana pendukung seperti sekat antar ruangan, ventilasi, pendingin ruangan, jaringan internet dan lain lain. 

“Pada Mei, kami mulai memindah barang-barang. Sedangkan kantor lama di jalan Dr Cipto akan jadi Kantor KPU,” kata Fajar usai meninjau persiapan lokasi baru kantor Disdag, Kamis (20/4/2023).

Bangunan gedung eks Bank Danamon itu disebut Fajar aset Pemerintah Kota Semarang yang belum terpakai, sehingga Disdag berpindah kantor ke gedung tersebut. 

Ia beralasan, salah satu tujuan pemindahan kantor Disdag adalah demi mengawasi dan optimalisasi perkembangan Pasar Johar usai renovasi serta peresmian. 

Menurut Fajar, idealnya Dinas Perdagangan berkantor di lingkungan pasar. Dengan demikian, pasar tradisional atau pasar legendaris tetap maju dan berkembang. 

“Sebenarnya 90 persen area Johar sudah terisi, hanya yang selatan belum optimal. Maka dari itu perlu kita optimalisasi. Kita harus bergerak cepat untuk kemajuan Johar. [Kami pindah] agar kami mudah berkomunikasi dengan pedagang,” jelasnya.

“Pedagang tepi jalan yang sekitar 100 orang kami pindahkan ke Kanjengan. Lalu untuk pedagang pasar tumpah jam 05.00 WIB sudah harus steril. Kalau yang berjualan sepanjang hari kami pindahkan ke Kanjengan. Sudah kami beri surat peringatan,” tandasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya