SOLOPOS.COM - Presiden Jokowi saat menyerahkan bantuan ke petani di Pekalongan, Jawa Tengah (Jateng), Rabu (13/12/2023). (Humas Pemprov Jateng)

Solopos.com, PEKALONGAN — Sebanyak 6.431 petani dari berbagai daerah di Jawa Tengah (Jateng), mengalami gagal panen akibat bencana banjir. Ribuan petani itu pun mendapat bantuan dari pemerintah yang diserahkan secara simbolisis oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Kantor Kecamatan Bojong, Kabupaten Pekalongan, Rabu (13/12/2023).

Dalam penyerahan itu, Presiden Jokowi didampingi Penjabat Gubernur Jateng, Nana Sudjana dan para pejabat terkait. “Bantuan ini sangat berarti bagi petani, karena dengan bantuan ini diharapkan dapat mengganti kerugian biaya produksi yang telah dikeluarkan. Sehingga, mereka kembali bersemangat menanam padi di tahun 2024,” kata Jokowi.

Promosi Dirut BRI dan CEO Microsoft Bahas Akselerasi Inklusi Keuangan di Indonesia

Bantuan stimulan yang diberikan kepada para petani itu senilai Rp8 juta per hektare. Para petani yang mengalami puso atau gagal panen diharapkan dapat segera menanam padi pada musim tanam 2024.

Jokowi meminta kepada semua penerima bantuan untuk segera melakukan penanaman padi. Apalagi, harga gabah saat ini sedang tinggi, yaitu Rp7.300 – Rp7.800 per kilogram. Padahal, pada tahun lalu hanya di kisaran Rp4.200-Rp4.300 per kilogram.

“Kalau tahun ini hasil panen turun akibat cuaca, atau perubahan iklim, atau musim panas yang berkepanjangan, maka lahan seluas 16.000 hektare harus segera ditanam, mumpung sudah ada hujan dan bantuan petani puso sudah cair,” kata Jokowi.

Sementara itu, Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letjen TNI Suharyanto menjelaskan lahan terdampak banjir di Jateng seluas 16.321 hektare. Sedangkan jumlah petani yang terdampak mencapai 6.431 orang.

Bantuan stimulan yang akan diberikan sebesar Rp8 juta per hektare, untuk biaya produksi yang diperlukan pada masa tanam 2024. Bantuan disalurkan melalui perbankan yang tergabung dalam Himpunan Bank Milik Negara (Himbara) secara utuh tanpa dikenakan biaya atau potongan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya