SOLOPOS.COM - Seremonial pengiriman buku dari Badan Bahasa Kemendikbudristek ke daerah 3 T. (Solopos.com-Badan Bahasa Kemendikbudristek)

Solopos.com, KLATEN — Badan Bahasa Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) menggandeng penerbit asal Klaten, PT Macananjaya Cemerlang, untuk melaksanakan program penyediaan bahan bacaan literasi untuk mendukung Gerakan Literasi Nasional (GLN).

Program penyediaan bahan literasi ini sudah dimulai sejak 2016 lalu. Untuk mendukung program itu, Badan Bahasa melakukan lelang pengadaan buku, di mana ada beberapa penerbit asal Jateng yang menjadi pemenang lelang tersebut, salah satunya PT Macananjaya Cemerang Klaten.

Promosi Aset Kelolaan Wealth Management BRI Tumbuh 21% pada Kuartal I 2024

Selain PT Macananjaya Cemerlang Klaten, pemenang lelang lainnya adalah PT Pura Barutama asal Kudus, PT Gramedia (Cikarang), dan PT Temprina Media Grafika (Gresik). Buku yang dicetak oleh PT Gramedia dikirim ke regional 1 yang meliputi wilayah di Sumatra. Buku yang dicetak oleh PT Pura Barutama dikirim ke regional 2 yang meliputi wilayah di Kalimantan dan Sulawesi.

Sementara buku yang dicetak PT Macananjaya Cemerlang asal Klaten dikirim ke regional 3 yang meliputi wilayah di NTT dan NTB. Sedangkan buku dari PT Temprina Media Grafika dikirim ke regional 4 yang meliputi wilayah di Papua, Papua Barat, Maluku, dan Maluku Utara.

Badan Bahasa pada tahun 2022 mencetak 20 judul buku PAUD sebanyak 119.260 eksemplar dan 540 judul buku SD mencapai 12.767.902 eksemplar.

Baca juga: Solopos.com Peringkat 5 Media Online Berbahasa Indonesia Terbaik

Kepala Pusat Pengembangan dan Pelindungan Bahasa dan Sastra, Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kemendikbudristek, Imam Budi Utomo, mengatakan pencetakan buku untuk kalangan anak SD dan PAUD diharapkan akan meningkatkan kemampuan literasinya. Ketersediaan pilihan buku yang sesuai dengan jenjang pembacanya akan membantu meningkatkan minat baca pada anak sejak dini.

“Buku yang bermutu juga akan mendorong aktivitas membaca dan menulis, baik di lingkungan sekolah maupun di masyarakat. Oleh sebab itu, pengiriman buku-buku GLN ke daerah 3T ini merupakan upaya pemerintah dalam mencerdaskan kehidupan bangsa sesuai dengan alinea 4 pembukaan UUD 1945,” kata Imam saat memberikan sambutan pada acara pendistribusian buku di Kantor PT Macananjaya Cemerlang, Klaten, Selasa (12/7/2022).

Dalam acara itu juga dilakukan seremonial berupa pemotongan pita dan pelepasan perdana armada pengankut buku program GLN dari PT Macananjaya Cemerlang, Klaten. Selain di Klaten, kegiatan serupa juga dilakukan di Kantor PT Pura Barutama, Kudus. Buku dari penerbit di Kudus ini akan dikirim ke wilayah Kalimantan dan Sulawesi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya