SOLOPOS.COM - Penampilan Denny Caknan ditemani Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo, menjadi penutup konser Jazz di Atas Awal dalam Dieng Culture Festival 2022, Jumat (2/9/2022). (Solopos.com-Humas Pemprov Jateng)

Solopos.com, BANJARNEGARA — Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Denny Caknan tampil bersama dalam konser musik Jazz di Atas Awan pada acara Dieng Culture Festival (DCF) 2022 yang digelar di Dataran Tinggi Dieng, Jumat (2/9/2022) malam. Ganjar ditemani istri, Siti Atikoh, pun berjoget bareng di atas panggung diiringi tembang “Los Dol”.

Jazz di Atas Awan merupakan rangkaian Dieng Culture Festival. Kali ini acara itu turut dimeriahkan penampilan penyanyi dangdut koplo asal Jawa Timur, Denny Caknan.

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

Denny Caknan pun tampil membawakan sejumlah lagu andalannya seperti Kartonyono Medot Janji, Satru, dan Mendung Tanpo Udan. Di penghujung penampilannya, Denny Caknan mengajak Ganjar naik panggung dan berjoget bersama. Diiringi lagu “Los Dol”, Ganjar pun berjoget tanpa menghiraukan suhu udara yang mencapai 6 derajat Celcius.

Selain Danny Caknan, Jazz di Atas Awan Dieng Culture Festival 2022 juga dimeriahkan penampilan Bima Sakti, Star and Rabbit, Saptu, Jagarta, Amorisa, dan Fourhband.

Ini adalah kali pertama DCF dilangsungkan secara luring sejak pandemi Covid-19 tahun-tahun sebelumnya. Tak heran, ribuan penonton memadati lokasi acara.

Baca juga: Siap-Siap! Dieng Culture Festival Segera Digelar, Ini Jadwalnya

Bukan hanya pentas musik, DCF yang digelar selama tiga hari itu juga menampilkan tradisi cukur rambut gimbal pada Sabtu (3/9/2022). Selain itu ada kirab budaya, minum purwaceng bersama, penerbangan lampion, dan lain sebagainya.

Ganjar mengatakan Dieng Culture Festival 2022 menjadi pengungkit pariwisata di Dieng yang sebelumnya cukup terpuruk karena pandemi Covid-19. Kendati demikian, DCF 2022 bukan berarti gambaran masyarakat Jateng lengah terhadap virus corona.

“Mudah-mudahan ini menjadi pengungkit pariwisata. Tapi sekali lagi saya sampaikan kita tidak sedang merayakan hari bebas pandemi, karena pandemi masih ada. Tapi pelan-pelan kita membangun kesadaran kesehatan kita. Vaksin mesti sadar, jaga kesehatan mesti sadar,” ujar Ganjar.

Baca juga: Deretan Artis yang bakal Tampil di Dieng Culture Festival 2022

Sementara Ketua Panitia Dieng Culture Festival atau DCF 2022, Alif Fauzi menyampaikan bahwa kali ini pihaknya mengusung tema Return Of The Light. Pengambilan tema itu tak terlepas digelarnya DCF secara luring setelah beberapa tahun sebelumnya hanya dilaksanakan secara online.

“Alhamdulillah tahun ini bisa dilaksanakan secara luring karena kemarin-kemarin hanya daring,” paparnya.

Selain itu, di acara sakral yakni tradisi cukur rambut gimbal kali ini diikuti oleh sebanyak 15 anak. “Ini termasuk yang terbanyak. Sebenarnya yang daftar lebih tapi kita sesuaikan,” imbuhnya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya