SOLOPOS.COM - Calon presiden nomor urut 03 Ganjar Pranowo berswafoto dengan para pekerja perempuan saat kunjungan ke PT Sari Tembakau Harum, Kelurahan Cepiring, Kabupaten Kendal, Jawa Tengah, Rabu (17/1/2024). ANTARA/Anita Permata Dewi

Solopos.com, SOLO — Calon presiden (capres) nomor urut 3 Ganjar Pranowo beberapa waktu lalu menebak akan ada yang membuntuti dirinya berkampanye di Jawa Tengah. Hal itu disampaikan Ganjar saat berkunjung ke Kendal, Rabu (17/1/2024).

Ganjar berkampanye di Jateng selama sepekan dimulai pada 15 Januari. Kota-kota yang dikunjunginya antara lain Purbalingga, Banjarnegara, Pekalongan, dan Kendal, Cilacap, Banyumas, dan Brebes.

Promosi Desa BRILiaN 2024 Resmi Diluncurkan, Yuk Cek Syarat dan Ketentuannya

“Kita lihat saja, apakah selama saya kunjungan di Jateng ini nanti akan ada yang ikut berkunjung di sini. Kita lihat beberapa hari lagi,” kata Ganjar, Rabu lalu. Di dalam pernyataannya itu, Ganjar tak merinci siapa yang akan ke Jateng, namun diduga lawan politiknya.

Pada Senin (22/1/2024), Presiden Joko Widodo (Jokowi) rupanya berkunjung ke Jateng, yakni di Salatiga.

Namun, Koordinator Staf Khusus Presiden Ari Dwipayana mengatakan kunjungan kerja Presiden Joko Widodo ke Jawa Tengah pada 22-23 Januari 2024 tidak berhubungan dengan pemilu.

Ari membantah bahwa kunjungan kerja Jokowi itu berkaitan dengan salah satu pasangan calon presiden dan calon wakil presiden ke provinsi yang sama untuk melakukan kampanye.

“Kampanye terjadi di seluruh tempat di Indonesia kan, jadi kita tahu bahwa kunjungan kerja presiden itu sesuatu yang tidak ada hubungannya dengan pemilu,” kata Ari Dwipayana di Gedung Kementerian Sekretariat Negara, Jakarta, Senin, dilansir Antara.

Ari menambahkan kunjungan Presiden Jokowi dan Ibu Negara Iriana itu untuk meninjau kembali perlindungan dan bantuan sosial yang sudah dijalankan sejak periode pertama.

Dalam kegiatannya, Jokowi memastikan bantuan pendidikan melalui Kartu Indonesia Pintar, layanan kesehatan melalui Kartu Indonesia Sehat dan BPJS, hingga Program Keluarga Harapan berjalan dengan baik.

Kebijakan sosial tersebut sudah dicanangkan Jokowi sejak periode pertama dia menjabat sebagai presiden untuk memperkuat sumber daya manusia (SDM) dari segi layanan kesehatan dan pendidikan.

Ketika disinggung alasan Jawa Tengah yang dipilih sebagai lokasi kunjungan kerja presiden, Ari menilai provinsi tersebut termasuk wilayah yang padat penduduk.

“Ini daerah-daerah yang padat. Penduduk Indonesia kan populasi penduduknya Jawa, ya, Jateng, Jatim, Jabar, begitu; dan pasti pelayanan sosial dan perlindungan sosial terkait dengan manusia, populasi. Jadi, daerah-daerah itu yang kemudian banyak harus kita lihat, apakah pelayanan kesehatan, pelayanan pendidikan, termasuk juga Kartu Indonesia Pintar, dan KIS, BPJS itu sudah terlayani dengan baik,” jelas Ari.

Sementara itu, berdasarkan informasi, calon wakil presiden nomor urut dua Gibran Rakabuming Raka, yang juga putra sulung Jokowi, dijadwalkan berkampanye Pilpres 2024 di Jawa Tengah, Senin.

Gibran akan bertemu para kiai di Pondok Pesantren Al Hidayah di Kabupaten Batang dan menghadiri orasi kebangsaan di Kabupaten Kendal.

Kemudian, Ganjar dijadwalkan menghadiri makan malam bersama DPC, TPC Ganjar-Mahfud, caleg partai koalisi, serta relawan di rumah ketua DPC PDI Perjuangan Gunung Kidul, Yogyakarta.

Ini bukan kali pertama agenda Presiden Jokowi tampak mengekor agenda kampanye Ganjar. Sebelumnya, Capres Ganjar Pranowo hadir di Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT) untuk berkampanye dalam rangka Pemilu 2024 pada 2 Desember 2023. Sedangkan kunjungan kerja Presiden Jokowi di wilayah yang sama berlangsung pada 5 Desember 2023.

Sebelumnya juga Ganjar hadir di Sorong, Papua Selatan, pada 20 November 2023. Dua hari kemudian, Jokowi mendatangi Sorong pada 22 November 2023.

Pada Sabtu (13/1/2024), Ganjar juga mengunjungi sejumlah daerah di Jawa Timur, salah satunya Surabaya, kemudian pada Senin (15/1/2024), Jokowi menghadiri Konvensi Kampus XXIX dan Temu Tahunan XXV Forum Rektor Indonesia (FRI) 2024 di Surabaya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya