SOLOPOS.COM - Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo (tengah), berfoto di depan gerbang tol Semarang-Demak Seksi 2, Selasa (8/11/2022). (Solopos.com-Humas Pemprov Jateng)

Solopos.com, SEMARANG — Gubernur Jawa Tengah (Jateng), Ganjar Pranowo, optimistis Tol Semarang-Demak Seksi 2 bisa beroperasi atau digunakan saat masa libur Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 atau Nataru. Hal itu disampaikan Ganjar seusai menjajal ruas tol sepanjang 16,31 kilometer (km) itu, Selasa (8/11/2022).

“Mudah-mudahan di Nataru ya. Mungkin sudah bisa digunakan meskipun ya uji coba begitu, belum bayar. Sekarang sudah mulai kelihatan,” ujar Ganjar.

Promosi Digitalisasi Mainkan Peran Penting Mendorong Kemajuan UMKM

Secara umum, atau pembangunan fisik, ruas Tol Semarang-Demak Seksi 2 sudah selesai dan menyisakan detail-detail seperti rambu-rambu serta pintu keluar tol. Ganjar pun mengaku tahap uji coba secara komperehensif terhadap ruas tol itu akan segera dilakukan.

Menurut Ganjar, Tol Semarang-Demak menjadi harapan masyarakat sebagai jalur yang bebas hambatan dan terbebas dari kemacetan. “Ini harapan yang ditunggu-tunggu masyarakat di Sayung dan sekitarnya. Sehingga apa yang dulu diharapkan ini bisa menjadi jalur untuk mengurai kemacetan. Insyaallah bermanfaat,” ujarnya.

Tol Semarang-Demak ini, lanjut Ganjar, sekaligus solusi pengendalian rob yang sering melanda kawasan tersebut, khususnya Seksi 1 atau ruas Semarang-Sayung.

Baca juga: Malih Dadi Segara, Area Banjir Rob Pesisir Pekalongan Meluas

“Tanggulnya kemarin uji coba dengan konstruksi yang didesain oleh anak-anak bangsa ini. Rasa-rasanya sampai hari ini cukup berhasil,” katanya.

Secara resmi, uji laik fungsi Tol Semarang-Demak Seksi 2 akan berlangsung selama sebulan mulai Sabtu (19/11/2022). Ganjar pun menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya pada warga yang telah mendukung proyek tol itu. Sikap serupa juga diharapkan terjadi saat pembangunan Tol Semarang-Demak Seksi 1.

“Minta dukungannya agar komunikasi kita jauh lebih baik dan nanti insyaallah akan betul-betul bermanfaat buat semuanya,” tandasnya.

Baca juga: Segera Dibuka, Progres Tol Semarang-Demak Sesi 2 Sudah Capai 97,82 Persen

Kepala Balai Besar Pelaksana Jalan Nasional (BBPJN) Jawa Tengah-Daerah Istimewa Yogyakarta, Wida Nurfaida, berharap pelaksanaan proyek Tol Semarang-Demak Seksi 1 sudah bisa dimulai pada bulan Desember nanti.

“Harapannya untuk penanggulangan banjir jadi untuk paket yang 1C bisa selesai dan 2024 semuanya bisa selesai,” tandasnya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya