SOLOPOS.COM - Wakil Wali Kota Semarang, Hevearita G. Rahayu, resmi menjabat sebagai Plt Wali Kota Semarang. (Instagram @mbakitasmg)

Solopos.com, SEMARANG — Waki Wali Kota Semarang, Hevearita Gunaryanti Rahayu, ditetapkan sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Wali Kota Semarang. Perempuan yang karib disapa Mbak Ita itu resmi mengisi posisi yang ditinggalkan Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi, yang ditunjuk Presiden Joko Widodo (Jokowi) menjadi Kepala Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah atau LKPP.

Kepastian Ita menjadi Plt Wali Kota Semarang itu berdasarkan Surat Keputusan Penetapan Pelaksana Tugas (Plt) Wali Kota Semarang yang dikeluarkan Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo.

Promosi Beredar Video Hoax Uang Hilang, Pengamat Sebut Menabung di Bank Sangat Aman

“Sesuai surat kawat dari Kemendagri ke Gubernur Jateng. Alhamdulillah lewat Surat Nomor 131/0016351 tentang penugasan Wakil Wali Kota untuk meneruskan tugas dan wewenang Wali Kota,” kata Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Semarang, Iswar Aminuddin, Jumat (14/10/2022).

Dengan adanya surat bertanda tangan Gubernur Ganjar Pranowo itu, otomatis Ita resmi menjadi Plt Walikota Semarang. Iswar mengatakan, selama ini Ita merupakan orang nomor dua di Pemerintah Kota (Pemkot) Semarang dalam waktu yang cukup lama. Pengetahuannya soal situasi sosial, ekonomi, dan politik Kota Semarang cukup untuk menunjang kiprahnya sebagai wali kota.

“Kami akan berkoordinasi untuk melanjutkan roda pemerintahan yang sudah berjalan dan mudah-mudahan akan tetap berjalan baik,” lanjutnya.

Baca juga: Elektabilitas Gibran Tertinggi di Jateng, Ungguli Taj Yasin dan Hendrar Prihadi

Pemkot Semarang, lanjut Iswar, masih menunggu arahan lanjutan dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jateng, termasuk digelarnya rapat paripurna DPRD Kota Semarang dalam rangka memberhentikan wali kota sebelumnya dan menetapkan Ita sebagai wali kota yang baru.

Sementara menanggapi penetapannya, Ita tampak santai dan mengaku masih menunggu kabar lanjutan mengenai hari pelantikan. “Iya saya sudah dengar, tinggal menunggu peresmiannya,” kata Ita di Kantor Kelurahan Mangkang Wetan, Kecamatan Tugu, Jumat (14/10/2022).

Mbak Ita atau Ita dilahrikan di Kota Semarang pada 4 Mei 1966. Ia merupakan lulusan SMAN 1 Semarang pada tahun 1984 dan meraih gelar sarjana dalam jenjang strata 1 (S1) di Fakultas Pertanian UPN Veteran Yogyakarta pada 1989.

Baca juga: Tugas dan Fungsi LKPP yang Baru Dipimpin Hendrar Prihadi

Karier profesionalnya bermula sebagai bankir di Bank Permata pada 1989. Ia juga pernah menjabat sebagai Direktur Utama (Dirut) PT Sarana Patra Hulu Cepu (SPHC), sebuah badan usaha milik daerah (BUMD) yang bergerak di bidang eksploitasi dan eksplorasi migas di Blok Cepu, dalam kurun 2006 hingga 2015.

Pada 2016, Ita yang berpasangan dengan Hendrar Prihadi, memenangkan Pilwalkot Semarang dan menduduki kursi wakil wali kota. Pada 2021, Ita yang kembali berpasangan dengan Hendrar Prihadi kembali memenangkan Pilwalkot.

Belum lama menjabat di periode keduanya, Hendi ditunjuk Presiden Joko Widodo sebagai Kepala LKPP yang membuat kursi Wali Kota Semarang lowong. Hal ini praktis membuat Ita selaku wakil dijagokan mengisi kursi wali kota, sampai akhirnya Ita benar-benar ditunjuk sebagai Plt Wali Kota Semarang oleh Gubernur Ganjar Pranowo.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya