SOLOPOS.COM - Ilustrasi Puncak Bukit Geger Menjangan di Purwokerto. (Instagram)

Solopos.com, PURWOREJO — Jawa Tengah (Jateng) memiliki banyak destinasi yang menjadi favorit bagi pendaki gunung, baik pemula maupun yang sudah berpengalaman. Nah, bagi pemula ada satu spot pendakian yang bisa dijadikan destinasi. Spot tersebut adalah Geger Menjangan yang terletak di Kabupaten Purworejo.

Diolah dari berbagai sumber, Geger Menjangan merupakan destinasi wisata di Purworejo yang menawarkan daya tarik taman kota dan perbukitan. Meski lokasi antara taman kota dan bukit ini berbeda, jarak keduanya tidak terlalu jauh.

Promosi Aset Kelolaan Wealth Management BRI Tumbuh 21% pada Kuartal I 2024

Lokasi Puncak Bukit Geger Menjangan berada di Kedung Dowu Kulon, Trirejo, Kecamatan Purworejo, Kabupaten Purworejo, Provinsi Jawa Tengah. Daya tarik wisata ini adalah puncak bukit dan taman kotanya. Geger Menjangan bisa dijadikan wisata keluarga di akhir pekan, dan spot pendakian bagi para pemula.

• Puncak Bukit Geger Menjangan

Puncak bukit Geger Menjangan yang juga dikenal sebagai kawasan hutan kota Purworejo merupakan objek wisata alam yang cocok untuk pelatihan pendaki gunung pemula. Dibutuhkan sekitar 30 menit dengan berjalan kaki ke puncak gunung dalam dua rute, yaitu akses jalur utara dan selatan. Jalur yang dilalui berupa anak tangga yang terbuat dari dinding dan tidak terjal. Hanya saja, meskipun jalurnya cukup mudah dilalui, wisatawan perlu menyiapkan perbekalan terlebih dahulu. Fasilitas wisata di Puncak Bukit Geger Menjangan Purworejo terkonsentrasi di dekat area parkir. Di sepanjang jalur trekking hingga ke puncaknya tidak ada fasilitas lain, kecuali rumah joglo.

• Taman Kota Geger Menjangan

Taman Geger Menjangan merupakan salah satu ruang hijau terbuka di Purworejo yang menawarkan konsep wisata alam keluarga yang nyaman. Area taman dikelola dengan baik dalam hal pembersihan dan pemantauan. Lokasi ini juga memiliki sistem CCTV 24 jam. Taman Kota Geger Menjangan juga dilengkapi dengan taman bermain anak, air mancur, tempat duduk yang nyaman, dan landmark yang sering digunakan wisatawan sebagai spot selfie.

Tiket masuk ke wisata Geger Menjangan Purworejo sangat murah. Para pengunjung hanya perlu mengeluarkan uang sebesar Rp1.000 per orang. Lokasi wisata Geger Menjangan sangat satrategis karena tidak jauh dari pusat kota. Jarak dari Alun-Alun Kabupaten Purworejo ke Geger Menjangan sekitar 5 kilometer (km), atau memakan waktu perjalanan sekitar 10-15 menit.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya