SOLOPOS.COM - Petugas Damkar Salatiga saat berupaya mengevakuasi monyet liar yang masuk ruang DPUPR Kota Salatiga, Selasa (20/12/2022) malam. (Istimewa)

Solopos.com, SALATIGA — Peristiwa cukup unik terjadi di salah satu ruang Kantor Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Salatiga yang terletak di Jalan Ahmad Yani, Kalicacing. Seekor monyet ekor panjang masuk ke ruang tersebut pada malam hari, Selasa (20/12/2022) sekitar pukul 18.35 WIB.

Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Salatiga yang membawahi Bidang Pemadam Kebakaran (Damkar), Joko Haryono, mengaku awalnya pihaknya mendapat laporan dari petugas kebersihan Dinas PUPR terkait masuknya seekor monyet liar berekor panjang di salah satu ruang kantor tersebut.

Promosi BRI Cetak Laba Rp15,98 Triliun, ke Depan Lebih Fokus Hadapi Tantangan Domestik

“Laporan dari petugas kebersihan bernama Istikomah kami terima sekitar pukul 18.35 WIB. Kami langsung menerjunkan tim Damkar ke lokasi untuk evakuasi,” jelas Joko kepada Solopos.com, Senin (20/12/2022).

Setelah mendapatkan laporan itu kata Joko, regu satu Damkar Salatiga bersama Kabid damkar mendatangi lokasi kejadian. Petugas sempat kesulitan melakukan evakuasi satwa liar itu karena monyet tersebut bersembunyi di ruangan Cipta Karya.

“Kera itu masuk ke Ruang Cipta Karya. Petugas langsung mencari dan hampir satu jam personel akhirnya menangkap kera tersebut. Sekitar pukul 19.50 WIB,” ujarnya.

Baca juga: Cerita Personel Damkar Salatiga, Belajar Autodidak Tangani Ular Masuk Rumah

Selanjutnya, kata Joko, kera yang berhasil ditangkap itu kemudian diserahkan kepada Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Salatiga untuk dirawat atau dilepasliarkan ke habitatnya.

“Saat ini [kera] sudah diserahkan ke DLH Kota Salatiga,” ujarnya.

Joko mengimbau untuk masyarakat hati-hati terhadap hewan liar yang masuk ke rumah warga. Pihaknya juga bersedia untuk membantu masyarakat kaitannya dengan keamanan masyarakat.

Baca juga: 10 Lokasi Wisata Hits dan Murah di Semarang

“Kita melayani masyarakat untuk kenyamanan mereka. Kita kan memang tugasnya untuk melayani. Kita kerjakan, selama kita mampu kita kerjakan. Kita juga mengedukasi masyarakat silahkan hubungi Damkar jika tidak bisa mengerjakan,” terang Joko.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya