SOLOPOS.COM - ilustrasi gempa bumi (Solopos/JIBI/Dok.)

Gempa bumi berskala kecil mengguncang beberapa wilayah di Salatiga.

Semarangpos.com, SALATIGA – Gempa bumi bekekuatan 2,6 Skala Richter (SR), mengguncang beberapa wilayah Kota Salatiga dan sekitarnya, Minggu (15/1/2017) sekitar pukul 09.59 WIB. Meski tak menyebabkan kerusakan berarti, getaran gempa itu cukup membuat beberapa warga Salatiga dan sekitarnya panik.

Promosi BRI Sambut Baik Keputusan OJK Hentikan Restrukturisasi Kredit Covid-19

Salah seorang warga sekitar Salatiga, Fera, yang berdomisili di Blotongan, menyebutkan gempa itu terjadi di beberapa wilayah Salatiga dan sekitarnya, seperti Dukuh, Klaseman, Rusunawa, Noborejo, Ngawen, dan beberapa daerah di dalam Kota Salatiga.

“Gempanya tadi terasa kecil sekali. Tapi cukup membuat warga panik. Untungnya, tidak ada korban jiwa maupun kerusakan dari gempa itu,” ujar Fera saat dihubungi Semarangpos.com, Minggu siang.

Fera menyebutkan beberapa hari terakhir Salatiga memang kerap dilanda bencana alam. Sebelum gempa bumi, Salatiga juga dilanda angin puting beliung pada Sabtu (14/1/2017) malam.

“Akibat terjangan angin kencang itu beberapa pohon ada yang tumbang, rumah-rumah penduduk, terutama yang dari bambu juga mengalami kerusakan di bagian atap,” imbuh Fera.

Sementara itu informasi yang diperoleh Semarangpos.com dari akun resmi Twitter Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) DI Yogyakarta membenarkan jika pada Minggu pagi Kota Salatiga dan sekitarnya sempat diguncang gempa dengan skala kecil. Dalam akun resmi Twitter BMKG DI Yogyakarta di @bmkgjogja itu tertulis bahwa gempa berkekuatan 2 SR itu terjadi pada Minggu tanggal 15 Januari 2017 pukul 09.59.44 WIB.

“Lokasi [pusat gempa]  di 7,35 LS, 110,43 BT atau 8 km barat daya Salatiga, Jateng. Kedalam gempa diperkirakan 2 km:BMKG – PGR VII,” tulis akun resmi Twitter BMKG DI Yogyakarta beberapa saat setelah gempa.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya