SOLOPOS.COM - Generasi Baru Indonesia (GenBI) UIN Salatiga saat menggelar acara pemberdayaan masyarakat di Desa Plumbon, Kecamatan Suruh, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah (Jateng) Rabu (10/1/2024). (Istimewa)

Solopos.com, UNGARAN – Generasi Baru Indonesia (GenBI) Mahasiswa Universitas Islam Negeri (UIN) Salatiga penerima beasiswa Bank Indonesia (BI) menyelenggarakan pengabdian masyarakat pada desa binaan di Desa Plumbon, Kecamatan Suruh, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah (Jateng), Rabu (10/1/2024).

Mengusung tema Mewujudkan Desa Plumbon yang Berdaya dan Berdikari Bersama GenBI, acara itu bertujuan untuk memberdayakan masyarakat desa untuk lebih mandiri.

Promosi Cuan saat Ramadan, BRI Bagikan Dividen Tunai Rp35,43 Triliun

Ketua Umum Genbi Komisariat UIN Salatiga, Putri Ariyani, mengatakan kegiatan ini mewakili seluruh pengurus dan anggota GenBI. Ia pun mengucapkan terima kasih kepada seluruh masyarakat Desa Plumbon karena berkenan menjadi desa binaan.

“Terima kasih karena kami dari GenBI telah diperkenankan untuk menjalankan kegiatan di Desa Plumbon ini,” kata Putri, Rabu (10/1/2024).

Lebih lanjut, Putri menyampaikan dua hal lain yang sangat penting dari GenBI Komisariat UIN Salatiga kepada masyarakat Desa Plumbon. “Pertama maaf apabila nantinya dari kami melakukan suatu dan lain hal yang kurang berkenan dan kedua tolong bimbing kami untuk selalu belajar dari kegiatan di desa binaan ini,” ujarnya.

Sementara perwakilan Dosen UIN Salatiga, Mujib Sahli, mengatakan kegiatan bina desa anak-anak GenBI ini merupakan kegiatan pengabdian masyarakat. “Maka jaga adab, tutur kata dan perilaku dengan baik selama menjalankan program kerja di desa binaan,” kata Mujib.

Kepala Desa Plumbon, Alek Mukharom, mengingatkan kepada mahasiswa GenBI untuk senantiasa menjaga adab ketika berada di manapun. “Jaga adab dengan segala elemen yan akan dilibatkan kegiatan desa binaan. Sehingga kegiatan di desa pengabdian masyarakat semacam ini bisa dikatakan aman dari adanya kegiatan terselubung mengenai pesta demokrasi di negara Indonesia,” kata Alek.

Acara juga dibarengi dengan adanya pemberian santunan kepada 5 anak yatim Desa Plumbon, hal tersebut sebagai wujud kepedulian dan rasa terimakasih pengurus GenBI atas kesempatan mengabdi di Desa Plumbon.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya