SOLOPOS.COM - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. (JIBI/Solopos/Antara/Hafidz Mubarak A.)

Gubernur Ganjar Pranowo bertekad menjadikan Jateng pelopor kedaulatan pangan di Indonesia.

Semarangpos.com, GROBOGAN — Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menegaskan bahwa Provinsi Jateng harus menjadi pelopor kedaulatan pangan di antara seluruh daerah di Indonesia. “Jateng harus jadi pelopor kedaulatan pangan, masak ya uyah ndadak [masak iya, garam pun harus] impor,” kata Ganjar di sela penutupan TNI Manunggal Masuk Desa Tahun 2017 di Desa Karangsari, Kecamatan Brati, Kabupaten Grobogan, Rabu (2/8/2017).

Promosi BRI Kantor Cabang Sukoharjo Salurkan CSR Senilai Lebih dari Rp1 Miliar

Ganjar menyebutkan, dua pertiga luas Indonesia merupakan laut, tapi belum bisa mencukupi kebutuhan garam di tingkat nasional. “Sayang kita belum bisa memenuhi kebutuhan garam dan dalam waktu dekat pemerintah akan melakukan impor garam, 10 Desember 2017 impornya masum sebanyak 75.000 ton garam,” ujarnya.

Menyikapi hal tersebut, Provinsi Jateng khususnya daerah yang berada di sepanjang jalur pantai utara Jawa berencana memproduksi garam. “Kita akan coba buat garam di seluruh pantura, kita juga akan lihat garam yang dibuat tidak dari air laut, ada di daerah Bleduk Kuwu, Grobogan, punya garam yang spesifik,” katanya.

Mantan anggota DPR itu menyebutkan, produktivitas garam rakyat Jateng merupakan nomor dua setelah Provinsi Jawa Timur, namun belum mampu berkontribusi untuk pemenuhan kebutuhan nasional. “Oleh karena itu, pemerintah harus segera mengambil langkah atau kebijakan guna mengatasi persoalan tersebut, termasuk menyatukan akademisi, pelaku bisnis, dan pemerintah,” ujarnya.

Ketiga komponen itu, kata Ganjar, juga diharapkan dapat bergerak cepat mewujudkan kedaulatan pangan khususnya komoditas garam.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya