SOLOPOS.COM - Ganjar Pranowo (JIBI/Harian Jogja/Dok.)

Gubernur Ganjar berharap masjid jadi pusat aktivitas terutama dalam mencari solusi persoalan masyarakat.

Kanalsemarang.com, SEMARANG-Sebagai rumah ibadah, masjid sudah semestinya tidak hanya difungsikan untuk salat dan mengaji. Akan tetapi juga menjadi pusat aktivitas masyarakat, utamanya dalam mencari solusi dari berbagai macam persoalan.

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

Hal tersebut disampaikan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo seusai membuka secara resmi Musyawarah Wilayah ke IV Dewan Masjid Indonesia (DMI) Provinsi Jawa Tengah dengan tema Optimalisasi Peran dan Fungsi Masjid dalam Pemberdayaan Umat di Kompleks Masjid Agung Jawa Tengah Jl. Gajah Raya Semarang, seperti dilansir jatengprov.go.id, Minggu (27/12/2015).

Menurut Ganjar masjid harusnya tak hanya dimakmurkan akan tetapi juga memberikan kemakmuran kepada masyarakat. Artinya, masjid secara bangunan bisa bagus berkat sumbangan dari masyarakat, dan sebaliknya yang menyumbang mendapatkan manfaat.Dengan begitu, fungsi dan peran masjid secara nyata dapat dirasakan oleh masyarakat luas.

“Masjid itu kan harusnya dimakmurkan sekaligus memakmurkan. Jadi orang yang datang harus mendapatkan sesuatu. Dan itu berbasis pada aktivitas masjid tentu saja dengan menjadi tempat diskusi, komunikasi problem apapun mulai dari sosial politik budaya dan agama. Sehingga pemberdayaan masjid ini harus jadi prioritas,”katanya.

Hal senada diutarakan Sekretaris Pengurus Pusat Dewan Masjid Indonesia Drs H Imam Addaruquthni. Dia mengatakan, berbagai persoalan justru dapat dicarikan solusinya di masjid.

“Pada zaman Rasulullah tidak ada yang tidak dicarikan jalan keluar. Hingga masalah politik. Ada saat itu namanya Sakifah Bani Sa’adah yang paling terkenal dalam hal strategi dan politik. Jadi semua dibicarakan di masjid,” jelasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya