SOLOPOS.COM - Jajaran Satlantas Polres Salatiga menggelar Operasi Bina Kusuma Candi untuk menekan angka kriminalitas saat Ramadan di Jalur Lingkar Salatiga, Kamis (30/3/2023). (Istimewa)

Solopos.com, SALATIGA — Satlantas Polres Salatiga menilang 30 pengendara sepeda motor berknalpot brong di Jalur Lingkar Salatiga, Kamis (30/3/2023) pagi. Kegiatan itu dilakukan saat berlangsung operasi Bina Kusuma Candi (OBKC) 2023.

Operasi kali ini bertujuan mencegah terjadinya kenakalan remaja, premanisme, pelecehan seksual, kekerasan terhadap perempuan dan anak. Hal itu termasuk ingin menciptakan kondisi kamtibmas menjelang Idulfitri 1444 H.

Promosi Direktur BRI Tinjau Operasional Layanan Libur Lebaran, Ini Hasilnya

OBKC kali ini menyasar ke penindakan terhadap pelanggaran kasatmata yang tidak terjangkau kamera ETLE, kamera statis, dan kamera dinamis.

“Kami menilang manual sebanyak 30 pengendara kendaraan roda dua yang menggunakan knalpot tidak standar atau knalpot brong,” kata Kasat Lantas Polres Salatiga, AKP Betty Nugroho, Kamis.

AKP Betty Nugroho mengatakan penindakan yang dilakukan bukan merupakan razia. Namun, memetik pelanggar kasatmata pada saat anggota di lapangan melaksanakan police hazard (PH), seperti saat pengaturan lalu lintas pagi hari dan saat jam rawan kepadatan arus lalu lintas.

“Tujuan pemeriksaan ini memberikan rasa aman dan nyaman terhadap masyarakat serta menekankan pentingnya keselamatan berlalulintas terhadap pengendara kendaraan bermotor. Juga memberikan efek jera bagi para pelanggar lalu lintas,” terang Kasat Lantas.

Kapolres Salatiga, AKBP Feria Kurniawan, mengatakan OBKC 2023 digelar selama 15 hari, terhitung mulai Rabu (29/3/2023) hingga Rabu (12/4/2023). Pelaksanaan OBKC kali ini mengedepankan langkah preemtif dan preventif serta didukung dengan kegiatan penegakan hukum terkait tindak pidana ringan (tipiring) dan kegiatan Kepolisian lainnya.

Operasi kewilayahan ini digelar dalam rangka mewujudkan situasi kamtibmas yang aman dan kondusif. OBKC juga mengedepankan fungsi Binmas untuk menyampaikan sosialisasi kepada masyarakat terkait upaya menjaga Harkamtibmas Kota Salatiga tetap aman dan kondusif.

“Didukung fungsi lain, baik dari Samapta, Reskrim maupun Lantas dalam upaya penegakan hukum guna mendukung terwujudkan Harkamtibmas menjelang Idulfitri 1444 H/tahun 2023,” kata AKBP Feria.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya