SOLOPOS.COM - Panorama Gunung Selok View pada saat sunrise di Cilacap. (Istimewa/Instagram @akubakhtiar_bukanmimin)

Solopos.com, CILACAPGunung Selok terletak di Desa Karangbenda, Kecamatan Adipala, Kabupaten Cilacap. Kawasan gunung ini menjadi destinasi wisata menarik yang secara khusus dirancang untuk berswafoto.

Berbagai wahana yang dapat ditemukan di sekitar Gunung Selok, seperti selfie deck, balon udara, dan rumah pohon. Pesona pemandangan alam yang menakjubkan membuat wahana-wahana tersebut menjadi destinasi populer bagi para wisatawan.

Promosi BI Rate Naik Jadi 6,25%, BRI Optimistis Pertahankan Likuiditas dan Kredit

Dilansir oleh laman website www.perhutani.co.id pada Rabu (2/8/2023), Gunung yang berhadapan langsung dengan Pantai Selatan Jawa ini dikelola oleh Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan Banyumas Timur.

Dikutip dari laman website disporapar.cilacapkab.go.id, selain daya tariknya yang memikat pengunjung untuk berswafoto, di puncak Gunung Selok tersembunyi kuil magis bernama Padepokan Sang Hyang Jati.

Padepokan tersebut merupakan tempat tersembunyi yang memiliki makna mendalam yang sering didatangi oleh penganut agama Buddha. Tempat ini tak hanya ramai oleh kunjungan wisatawan di Cilacap. Wisatawan dari berbagai penjuru kota turut meramaikan padepokan ini.

Diolah dari berbagai sumber, selain daya tarik padepokan, di Gunung Selok ini terdapat puluhan gua menarik. Terdapat dua gua yang populer, yakni Gua Rahayu dan Gua Naga Raja.

Nama Rahayu diartikan sebagai selamat, sejahtera, dan jauh dari musibah atau kekurangan. Sedangkan nama Naga Raja ini diambil dari bentuk gua ini yang tampak seperti naga dan juga menjadi gua terpanjang yang ada di Gunung Selok. Selain itu juga terdapat beberapa petilasan, seperti jambe lima dan jambe pitu.

Konon, Gunung ini kerap digunakan untuk bersemedi dan merenungkan segala harapan dan aspirasi. Tak jarang, beberapa pengunjung yang datang mengunjungi untuk mencari pengabulan pengharapan.

Dengan pesona alam yang memesona dan makna spiritual yang mendalam, Gunung Selok menjadi destinasi wisata yang menggabungkan eksotisme alam dan refleksi diri. Tempat ini sebagai pilihan ideal bagi pengunjung yang ingin merasakan keindahan alam dan kedamaian batin dalam satu perjalanan wisata.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya