SOLOPOS.COM - Ilustrasi (JIBI/Harian Jogja/Antara)

Ilustrasi (JIBI/Harian Jogja/Antara)

Ilustrasi (JIBI/Harian Jogja/Antara)

Kanalsemarang.com, PURWOKERTO—Gempa tremor yang masih terekam di Gunung Slamet, Jawa Tengah, menjadi tanda aktivitas kegempaan gunung tersebut tetap tinggi, kata Kepala Badan Geologi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral Surono.

Promosi Kisah Inspiratif Ibru, Desa BRILian Paling Inovatif dan Digitalisasi Terbaik

“Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa aktivitas kegempaan Gunung Slamet masih tinggi, sehingga statusnya tetap ‘Siaga’,” kata Surono seperti dikutip Antara, Senin (13/10/2014).

dia mengatakan kesimpulan tersebut berdasarkan data Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Badan Geologi di Pos Pengamatan Gunung Api (PGA) Slamet, Desa Gambuhan, Kecamatan Pulosari, Kabupaten Pemalang.

Ia mengatakan dalam pengamatan pada Minggu (12/10/2014), pukul 18.00-24.00 WIB, Gunung Slamet secara visual terhalang kabut, sedangkan dari kegempaan terekam gempa tremor menerus pada pukul 21.48-00.00 WIB dan 82 kali gempa embusan.

Pada Senin (13/10/2014), pukul 00.00-06.00 WIB, Gunung Slamet secara visual teramati embusan asap putih tipis hingga tebal dengan tinggi kolom asap 50-150 meter.

“Dari sisi kegempaan terekam gempa tremor menerus pada pukul 00.00-03.10 WIB dan 55 kali gempa embusan,” katanya.

Disinggung mengenai kemungkinan energi yang dikumpulkan Gunung Slamet melalui akvitas tremor selama hampir satu bulan hanya dikeluarkan dalam bentuk embusan asap, pria yang akrab disapa Mbah Rono itu membenarkan.

Bahkan, dia mengharapkan energi yang dikeluarkan tersebut tetap berupa embusan asap, bukan material pijar seperti beberapa waktu sebelumnya.

Saat dihubungi secara terpisah, Kepala Pos PGA Slamet Sudrajat mengakui aktivitas Gunung Slamet yang teramati secara visual dalam kurun waktu hampir satu bulan itu, hanya berupa embusan asap berwarna putih yang tidak terlalu tinggi.

“Gejala yang terlihat di permukaan hanya seperti itu, tidak ada yang lain, sedangkan secara kegempaan masih ada tremor. Artinya, belum stabil sehingga menimbulkan gempa-gempa yang sampai terekam,” katanya.

Pihaknya akan terus memantau perkembangan aktivitas Gunung Slamet.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya