SOLOPOS.COM - Danau di kawasan pegunungan Tampomas, Banjarnegara. (visit.banjarnegarakab.go.id)

Solopos.com, BANJARNEGARA — Wisata di Banjarnegara, Jawa Tengah (Jateng), selama ini selalu identik dengan Dataran Tinggi Dieng. Meski demikian, tempat wisata di Banjarnegara sebenarnya bukan hanya Dieng. Masih ada tempat wisata alam di Banjarnegara yang juga tak kalah menarik salah satunya adalah kawasan Gunung Tampomas.

Wisata Tampomas saat ini dikenal berupa wisata di sebuah danau luas yang dikelilingi tebing batu yang eksotis. Danau itu dialiri air secara alami yang berasal dari mata air Gunung Tampomas.

Promosi Jelang Lebaran, BRI Imbau Nasabah Tetap Waspada Modus Penipuan Online

Tampomas Banjarnegara menyajikan tebing batu andesit, sering disebut dengan nama Gunung Batu Tampomas. Gunung Batu Tampomas Banjarnegara menjadi salah satu tujuan wisata yang sangat direkomendasikan untuk dikunjungi.

Destinasi wisata ini memiliki pemandangan yang menawan dan menyimpan kisah sejarah yang manfaatnya masih dapat dirasakan hingga kini. Tampomas Banjarnegara berada di Desa Gentansari, Kecamatan Pagedongan, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah.

Menurut cerita yang beredar, legenda Gunung Tampomas bermula dari kisah sepasang kekasih yang berbeda kasta, yang tidak mendapat restu dari orang tua.Singkat cerita, kedua orang tua pemuda itu mengutuk sejoli yang dimabuk asmara itu menjadi batu. Tetapi sebelum dikutuk, sang gadis berkata ingin menjadi batu yang berguna. Ternyata hal tersebut benar terjadi, dimana Gunung Tampomas memang sangat bermanfat untuk banyak orang. Bebatuan yang dihasilkan dari gunung ini digunakan sebagai bahan baku pembuatan Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) Bendungan Panglima Besar Jenderal Sudirman pada 1980 silam.

Tampomas Banjarnegara merupakan salah satu tempat wisata di Banjarnegara yang direkomendasikan untuk dikunjungi, apalagi jika menyukai wisata alam yang unik dan indah. Tempat ini adalah wisata yang tepat untuk bersantai atau memanjakan diri. Tampomas Banjarnegara juga sering digunakan sebagai tempat memancing. Gunung Tampomas ini berada di ketinggian sekitar 271 meter di atas permukaan laut (mdpl) dan berdampingan dengan kompleks Pegunungan Serayu Selatan.

Banyak hal menarik yang dapat dilakukan saat berkunjung ke Tampomas Banjarnegara, beberapa diantaranya bersantai di pinggir danau, apalagi terdapat gazebo yang tersedia di sekitar danau. Selain itu juga dapat mengelilingi kawasan Tampomas Banjarnegara dengan naik kuda, mengeksplorasi danau dengan menyewa perahu, bermain air di kolam renang, bahkan di tempat ini juga ada trip Tampomas Jeep Adventure.

Kehadiran Tampomas Banjarnegara membuat Banjarnegara memiliki wisata yang semakin beragam dan dapat menjadi rekomendasi destinasi wisata untuk keluarga.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya