SOLOPOS.COM - Ilustrasi kepadatan kendaraan musim mudik Lebaran. (JIBI/Solopos/Antara/Aloysius Jarot Nugroho)

Solopos.com, SEMARANGPemprov Jateng bersama TNI/Polri telah menyiapkan skenario arus mudik Lebaran 2023. Hal itu termasuk menerjunkan 20.339 personel gabungan selama momen Lebaran 2023.

Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo, mengatakan skenario mudik Lebaran 2023 perlu dilakukan guna memberikan rasa aman dan nyaman bagi para pemudik. Di Jateng terdapat 254 pos terdiri dari pos terpadu, pos pelayanan dan pos pengamanan.

Promosi BRI Pastikan Video Uang Hilang Efek Pemilu untuk Bansos adalah Hoaks

“Kami dari pemda mencoba untuk menyiapkan. Titik macetnya di mana, rest area terus kemudian pasar tumpah dan u-turn mesti menjadi perhatian kami,” kata Ganjar Pranowo usai dikutip dari Antara, Jumat (31/3/2023).

Ganjar mengatakan persiapan yang dilakukan termasuk mencermati ketersediaan stok pangan. Berdasarkan data dari Bulog disebutkan stok beras dan minyak goreng di Jateng masih aman, yakni 14.500 ton untuk beras dan 102 ton untuk minyak goreng.

“Termasuk menjaga keamanan pangan. Kami mintakan untuk memeriksa betul, dipastikan semuanya aman,” ujarnya.

Ganjar mengatakan jumlah pemudik menuju Jateng di 2023 berpotensi mengalami kenaikan hingga 45,8 persen. Sedangkan jumlah kendaraan mencapai angka 1,72 juta unit.

Isu lain menjelang Lebaran 2023 yang menjadi fokus Pemprov Jateng, yakni pengerjaan proyek infrastruktur jalan yang terus dikebut di tengah cuaca ekstrem yang diprediksi BMKG masih berlangsung hingga Mei 2023.

“Maka betul-betul sekarang kita diuji. Kekompakan kita akan coba kita padukan dengan membuat perencanaan yang baik. Kami minta dukungan dari DPRD, Forkopimda komplet, Kajati, Pangdam,” kata Ganjar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya