SOLOPOS.COM - Ilustrasi daging ayam (JIBI/Harian Jogja/Antara)

 
Kanalsemarang.com, PEKALONGAN — Harga daging ayam potong di sejumlah pasar tradisional di Kota Pekalongan, Jawa Tengah, turun drastis, sedangkan harga berbagai jenis sayuran relatif stabil.

Seorang peternak ayam, Sohibin, di Pekalongan, Sabtu (18/10/2014), mengatakan saat ini harga daging ayam potong hanya mencapai sekitar Rp13.500 per kilogram atau turun dibandingkan dengan dua pekan sebelumnya yang sebesar Rp22.000/kg.

Promosi Jaga Keandalan Transaksi Nasabah, BRI Raih ISO 2230:2019 BCMS

“Saat ini, daya beli masyarakat terhadap daging ayam potong turun drastis hingga di bawah harga eceran, yaitu Rp13.500/kg,” katanya.

Ia mengaku selama ini menyuplai 2.000 ekor ayam untuk mencukupi kebutuhan konsumen di beberapa wilayah lokal Kota Pekalongan hingga beberapa pedagang dari Jakarta.

“Akan tetapi, menurunnya harga ayam potong ini, saat ini kami tidak bisa berbuat apa-apa, bahkan cenderung merugi karena biaya pakan dan operasional lainnya tidak sebanding harga jual daging ayam,” katanya.

Seorang pemilik usaha katering, Bunasor, mengaku stabilnya harga berbagai jenis sayuran relatif membantu bagi pelaku usaha katering agar bisa berkembang.

Harga sayuran, seperti wortel dan kentang, kata dia, relatif stabil, sedangkan cabai merah serta cabai keriting justru turun.

“Saat ini, harga cabai merah Rp18.000/kg atau turun dibanding sebelumnya Rp22.000/kg, sedang cabai rawit sekitar Rp13.000/kg,” katanya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya