SOLOPOS.COM - Ilustrasi komoditas perdagangan cabai rawit (JIBI/Harian Jogja/Antara)

Harga kebutuhan pokok, yakni cabai rawit di Semarang, mengalami penurunan.

Semarangpos.com, SEMARANG – Harga cabai rawit di pasar-pasar tradisional di Kota Semarang, Jawa Tengah (Jateng) mulai mengalami penurunan sejak satu pekan lalu. Penurunan ini terjadi dikarenakan mulai melimpahnya stok cabai rawit dari petani produsen.

Promosi Tanggap Bencana Banjir, BRI Peduli Beri Bantuan bagi Warga Terdampak di Demak

“Sudah empat hari ini harga cabai rawit turun kisaran Rp70.000-Rp75.000. Kalau sebelumnya masih Rp80.000 per kilogram [kg],” ujar salah satu pedagang di Pasar Karangayu, Semarang ribu/kg,” kata salah satu pedagang di Pasar Karangayu Semarang Sumirah, Senin (20/3/2017).

Dengan penurunan harga cabai rawit itu, Sumirah mengaku penjualannya mulai kembali normal. Sumirah menuturkan saat harga cabai rawit masih di atas Rp100.000 per kg, dia sempat berhenti berjualan komoditas itu.

“Banyak konsumen yang marah karena harga tinggi, jadi lebih baik saya tidak jual. Kalau sekarang sudah mulai jual dan pembelinya kembali banyak,” katanya.

Mengenai penurunan harga cabai ini, salah satu petani cabai di Kabupaten Magelang, Tunov Mondroatmojo, mengatakan volume panen cabai rawit dari petani mulai meningkat.

“Stok mulai banyak karena banyak petani yang panen, sejak sepekan lalu harga terus mengalami penurunan,” kata pria yang juga merupakan pendamping petani cabai rawit itu.

Menurut dia, penurunan harga cabai rawit di tingkat petani mulai dari Rp100.000 menjadi Rp90.000 per kg. Selanjutnya, harga kebutuhan pokok itu kembali turun dari Rp90.000 per kg menjadi Rp80.000 per kg dan kembali turun di angka Rp69.000 per kg. Sedangkan, saat ini harga cabai rawit itu berada di kisaran Rp48.000-Rp49.000 per kg.

Meski demikian, Tunov menilai penurunan harga cabai rawit itu belum sepenuhnya pulih. Menurutnya, harga cabai rawit yang ideal berada di kisaran Rp20.000 per kg di tingkat petani dan Rp30.000 per kg di tingkat konsumen.

Sementara itu, untuk harga cabai merah keriting saat ini semakin anjlok. Jika sebelumnya, harga cabai merah keriting mencapai Rp20.000 per kg, saat ini berada di kisaran Rp9.000-Rp11.000 per kg.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya