SOLOPOS.COM - ilustrasi (JIBI/dok)

Hari Batik Nasional diperingati di Pekalongan dengan penyelenggaraan bazar batik.

Kanalsemarang.com, PEKALONGAN-Pemerintah Kota Pekalongan, Jawa Tengah, menyelenggarakan bazar batik murah pada peringatan Hari Batik Nasional, Jumat (2/10/2015), di sekitar Jalan Jetayu, Kota Pekalongan.

Promosi BRI Group Berangkatkan 12.173 Orang Mudik Asyik Bersama BUMN 2024

Sekretaris Daerah Kota Pekalongan, Dwie Arie Putranto di Pekalongan, mengatakan pada kegiatan bazar batik murah ini diikuti oleh puluhan pengrajin batik.

“Harga batik yang dijual serba Rp10 ribu. Hanya saja pembeli tidak diperbolehkan memborong pakaian batik, mereka dibatasi membeli batik tiga potong saja,” katanya.

Ia mengatakan dengan digelarnya “Great Sale” batik tersebut, masyarakat bisa ikut memeriahkan peringatan Hari Batik Nasional yang diselenggarakan oleh pemkot.

“Kami mengajak masyarakat berbondong-bondong ke arena bazar untuk membeli batik serta melihat kain batik unik di Museum Nasional Pekalongan,” katanya.

Pada kesempatan itu, ia juga mengatakan untuk memperingati Hari Batik Nasional, pemkot menginstruksikan pada satuan perangkat kerja daerah (SKPD), BUMN, BUMD memakai pakaian tradisional bernuansa batik.

Pakaian tradisional ini, kata dia, bisa diartikan sebagai pakaian adat di daerah-daerah Indonesia atau pakaian Nusantara.

“Oleh karena, semua PNS dan non-PNS laki-laki diharapkan bisa menggunakan blangkon sedangkan untuk perempuan mengenakan pakaian kebaya,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya