SOLOPOS.COM - Aktivitas Kantor Perpustakaan dan Arsip Daerah (Persipda) Kota Salatiga. (Imam Yuda Saputra/JIBI/Semarangpos.com)

Hari Buku Sedunia yang jatuh setiap tanggal 17 Mei diperingati oleh Kantor Perpustakaan dan Arsip Daerah (Persipda) Kota Salatiga dengan menggelar lomba dongeng.

Semarangpos.com, SALATIGA – Kantor Perpustakaan dan Arsip Daerah (Persipda) Kota Salatiga menggelar lomba membaca dongeng untuk anak-anak tingkat sekolah dasar (SD) di Lapangan Pancasila, Sabtu (21/5/2016) mendatang. Lomba ini digelar Persipda Kota Salatiga guna memeriahkan perayaan Hari Buku Sedunia yang jatuh pada 17 Mei 2016.

Promosi 796.000 Agen BRILink Siap Layani Kebutuhan Perbankan Nasabah saat Libur Lebaran

Kepala Seksi Bina Perpustakaan dan Kearsipan Persipda Kota Salatiga, Rinaldi Anggoro Shakti, menilai lomba membaca dongeng itu sangat tepat untuk memfasilitasi tingginya minat baca anak-anak di Kota Salatiga. Terlebih lagi, selama ini ia menilai minat baca anak-anak di Kota Salatiga terbilang tinggi.

“Dari 1.000 pengunjung yang hadir ke Perpustakaan Daerah, hampir 50% merupakan anak-anak. Rata-rata dari mereka datang ke sini membaca buku dongeng, legenda rakyat, hingga cerita fiksi. Itu membuktikan betapa tingginya minat baca anak-anak di sini. Jadi kalau ada lomba membaca dongeng, tentu peminatnya sangat banyak,” ujar Rinaldi saat dijumpai Semarangpos.com di Kantor Persipda Kota Salatiga, Selasa (17/5/2016).

Rinaldi menambahkan selama ini minat baca di Kota Salatiga terbilang tinggi. Bahkan dari survei yang dilakukan Badan Arsip dan Perpustakaan Provinsi Jateng pada 2015 lalu, menempatkan Kota Salatiga berada di posisi teratas dalam minat baca masyarakat. “Data itu diperoleh dari hasil kunjungan masyarakat yang dilakukan di masing-masing perpustakaan daerah di daerahnya. Kebetulan dari data itu, Salatiga menjadi yang tertinggi,” beber Rinaldi.

Berdasarkan data Badan Arsip dan Perpustakaan Jateng, tingkat kunjungan masyarakat ke perpustakaan daerah memang yang tertinggi dengan jumlah pengunjung mencapai 355 ribu per tahun. Sementara, Kabupaten Wonosobo di urutan kedua dengan tingkat kunjungan masyarakat ke perpustakaan daerah mencapai 266.000 orang/tahun.

 

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya