SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Hari Koperasi di Kabupaten Batang ditandai dengan terungkapnya penutupan 150 koperasi yang terjerat kredit macet.

Semarangpos.com, BATANG — Pemerintah Kabupaten Batang, Jawa Tengah (Jateng) menutup 150 koperasi yang terjerat kredit macet. Fakta yang mengemuka menjelang Hari Koperasi itu diungkapkan Bupati Wihaji, Jumat (7/7/2017).

Promosi Kredit BRI Tembus Rp1.308,65 Triliun, Mayoritas untuk UMKM

Bupati Batang Wihaji mengungkapkan aib itu di sela-sela peringatan Hari Koperasi ke-70 di Batang. Menurutnya, relatif banyak koperasi yang kolaps karena tidak sedikit mengalami kredit macet dan faktor masalah lainnya.

Bupati Batang juga mengakui banyaknya koperasi yang mengalami gulung tikar itu sejatinya merupakan tanggung jawan pemkab. Pasalnya, pemerintahan yang dipimpinlah yang mestinya melakukan pembinaan terhadap para pengurus koperasi.

Di Batang, akunya lebih labjut, sudah ada sekitar 150 koperasi gulung tikar. Kini, tinggal 100 koperasi di Kabpaten Batang yang masih aktif.

Menurut Bupati, majunya sebuah harus diiringi manajemen di internal masing-masing koperasi. “Besar dan majunya sebuah koperasi dimulai dari awal, yaitu dari dalam atau pengurus koperasi. Jika pengurus koperasinya tertib, tentu di luar juga akan ikut tertib,” katanya.

Ia berharap koperasi yang masih aktif bisa guyup rukun membangun Kabupaten Batang. Pemkab juga akan memberikan dukungan positif pada pengurus koperasi dalam menjalankan perkoperasian agar lebih baik dan sukses.

“Kami akan berikan dukungan bagi para pengurus koperasi untuk menjalankan tugasnya secara baik,” katanya.

Pada acara peringataan Hari Koperasi itu, Pemkab Batang mengadakan kegiatan jalan sehat dengan rute dari Alun-Alun Batang menuju Jl. Diponegoro, Jl. Achmad Yani, Jl. Gajah Mada, Jl. Ahmad Dahlan, Jl. Brigjen Katamso, dan finis di Jl. Kartini depan pendapa pemkab.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya