SOLOPOS.COM - Ilustrasi gerakan koperasi (Bisnis.com)

Hari Koperasi ke-70 dipetingati warga Kota Semarang dengan pesta rakyat Grebeg Koperasi.

Semarangpos.com, SEMARANG — Peringatan ke-70 Hari Koperasi Tingkat Provinsi Jawa Tengah disemarakkan dengan kirab budaya, pesta rakyat, serta rebutan gunungan beragam produk unggulan berbagai daerah, Sabtu (8/7/2017).

Promosi Klaster Usaha Rumput Laut Kampung Pogo, UMKM Binaan BRI di Sulawesi Selatan

Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Provinsi Jawa Tengah Ema Rachmawati terkait pesta rakyat Hari Koperasi itu mengakui peringatan kali ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya karena dipadukan dengan pergelaran budaya dan dikemas dalam kegiatan Grebeg Koperasi. “Rangkaian kegiatan Grebeg Koperasi diawali dengan pembukaan pameran usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) pada pukul 07.00 WIB di Wisma Perdamaian Semarang oleh Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo,” katanya.

Beragam produk UMKM dari 35 kabupaten dan kota di Jateng seperti batik dengan bermacam motif dan model, aneka kuliner, serta beragam kerajinan unik dan menarik terpajang di lantai dasar Wisma Perdamaian. “Setelah membuka pameran tersebut, Bapak Gubernur berjualan sembako murah, selanjutnya naik andong dengan diarak beragam kesenian tradisional dan gunungan menuju Lapangan Pancasila di kawasan Simpang Lima Semarang untuk upacara peringatan,” ujarnya.

Menurut dia, gunungan dari Pemprov Jateng berisi aneka bahan mentah seperti buah kelapa, padi, dan produk pertanian lainnya, sedangkan gunungan dari pemerintah kabupaten/kota berisi beragam produk jadi seperti gula aren dan produk UMKM lainnya. “Selesai upacara, semua gunungan bisa diperebutkan oleh masyarakat dan kami juga mengadakan pesta rakyat dengan menyediakan makan gratis untuk ribuan orang,” katanya.

Terkait dengan peringatan ke-70 Hari Koperasi, Ema berharap koperasi di Jateng bisa konsisten menjalankan asas dan nilai-nilai koperasi yang kini mulai ditinggalkan. “Sekarang saatnya kembali ke jatidiri koperasi yaitu perekonomian yang berasaskan kekeluargaan,” ujarnya.

Gubernur Jateng Ganjar Pranowo mengapresiasi peringatan Hari Koperasi dengan mengolaborasikan upacara dengan budaya sehingga suasana meriah dan semua komponen masyarakat terlibat dalam acara. Rangkaian kegiatan peringatan itu, kata Ganjar, sekaligus momentum untuk membangkitkan sekaligus mengembangkan koperasi di Jateng supaya lebih baik. “Ini merupakan momentum yang bagus,” katanya.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya