SOLOPOS.COM - Dubes Denmark untuk Indonesia Casper Klynge (kiri), Gubernur Jateng Ganjar Pranowo (kedua dari kiri), dan Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi (kanan) berfoto menggunakan topi Viking dalam kegitan bersepeda keliling Semarang, Rabu (17/5/2017) pagi. (Instagram-@ganjar_pranowo)

Hari lahir Pancasila diperingati Gubernur Jateng Ganjar Pranowo dan jajarannya dengan menggelar upacara di halaman depan kompleks Kantor Gubernur Jateng, Semarang.

Semarangpos.com, SEMARANG – Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo meminta warga Jateng menjadi pelindung Pancasila dari berbagai gerakan yang ingin mengganti ideologi bangsa Indonesia. Hal itu disampaikan Ganjar saat memimpin upacara Hari Lahir Pancasila di halaman depan kompleks Kantor Gubernur Jateng di Jl. Pahlawan, Semarang, Kamis (1/6/2017).

Promosi Aset Kelolaan Wealth Management BRI Tumbuh 21% pada Kuartal I 2024

“Kita harus menjadi mata dan telinga negara untuk selalu mengawasi Pancasila sehingga kalau ada penyelewengan-penyelewengan di tempat lain, kita berada pada garis paling depan untuk mengamankan,” kata Ganjar seperti dikutip laman berita Antara, Kamis.

Menurut Ganjar, peringatan Hari Lahir Pancasila ini mengingatkan bahwa proses lahirnya Pancasila tidak serta merta, tapi melalui penggalian pemikiran kesadaran batin apa yang ada di masyarakat oleh para pendiri bangsa.

“Tentu saja ini cerminan dari nilai-nilai yang dikandung dan digali dari bumi pertiwi, maka sepakat kita akan mengamalkan serta melaksanakan Pancasila,” ujarnya.

Ganjar menegaskan bahwa sampai hari ini Jateng tetap menancapkan dan memantabkan menjadi bentengnya Pancasila.

Sesuai pesan dari Presiden Joko Widodo, kata dia, setiap warga negara, termasuk warga Jateng, harus menjaga toleransi, berbhinneka tunggal ika, dan turut serta dalam budaya gotong royong.

“Mudah-mudahan, apa yang kita amalkan ini menjadi tameng bersama ketika ada radikalisme. Istilah saya, kanan ‘pol’ atau kiri ‘pol’ tidak boleh, semua harus masuk pada frame Pancasila,” katanya.

Usai upacara peringatan Hari Lahir Pancasila, Ganjar nonton bersama film Pantja Sila di Universitas Negeri Semarang (Unnes).

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya