SOLOPOS.COM - Illustrasi suasana arus lalulintas di Gerbang Tol (GT) Kalikangkung Semarang. (Solopos.com-Adhik Kurniawan).

Solopos.com, SEMARANG — Kepolisian Daerah Jawa Tengah (Polda Jateng) mencatat sudah ada 22.000 kendaraan dari luar wilayah yang masuk ke Jateng sejak Kamis (22/12/2022). Kendati demikian, angka itu diklaim masih belum sesuai dengan prediksi puncak arus mudik pada libur Natal 2022 dan Tahun baru 2023 atau Nataru.

Kapolda Jateng, Irjen Pol Ahmad Luthfi, mengatakan sudah ada kenaikan 70 persen di hari pertama arus mudik Nataru. Namun, persentasenya masih rendah atau belum mencapai puncak.

Promosi Kuliner Legend Sate Klathak Pak Pong Yogyakarta Kian Moncer Berkat KUR BRI

“Terkait jalur tol, arus masuk di wilayah kita hampir 22.000 kendaraan . Biasanya di hari normal hanya sekitar 14.000 kendaraan. Berarti ada kenaikan 70 persen, tapi masih tergolong landai,” jelas Luthfi seusai mengecek arus mudik Nataru di Gerbang Tol (GT) Kalikangkung, Kota Semarang, Jumat (23/12/2022).

Kendati masih terhitung landai, lanjut Luthfi, pihaknya telah menyiapkan tim pengurai di sepanjang posko tol Jateng. Tim itu tersebar mulai dari dari pintu masuk tol sisi barat di Brebes hingga pintu masuk Jateng dari arah timur, yakni Rembang.

“Rest area juga telah kami siapkan personel untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat saat mengalami kejenuhan,” tegasnya.

Baca juga: CFD Karanganyar Libur di Nataru, Nasib CFD Colomadu Masih Menunggu

Terkait jalur aglomerasi atau kawasan perkotaan di 35 kabupaten/kota di Jateng, Luthfi pun mengungkapkan hal yang sama. Yakni belum terlihat adanya peningkatan atau kepadatan kendaraan yang signifikan.

“Aglonerasi maupun jalur Pansela (pantai selatan) sama. Belum ada peningkatan arus signifikan,” tutupnya.

Pantauan Solopos, belasan kendaraan dengan pelat luar Semarang hingga luar Jateng juga mulai memasuki ke Gerbang Tol (GT) Kalikangkung Semarang pada Jumat (23/12/2022) siang ini. Antrean kendaraan di pintu tol pun mulai ramai, namun masih bisa terurai oleh petugas setempat.

Baca juga: Polda Jateng Kerahkan 11.000 Personel Amankan Gereja saat Natal 

Sedangkan dari catatan PT Jasamarga Semarang-Batang (JSB), ada sebanyak 10.172 unit kendaraan yang telah masuk sejak Kamis kemarin dari pukul 16.00 WIB hingga pukul 23.59 WIB. Sedangkan pada Jumat (23/12/2022) atau hari ini tercatat sudah ada 15.658 kendaraan telah masuk dari pukul 00.00 WIB hingga 10.59 WIB.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya