SOLOPOS.COM - Petugas Kantor Pos Besar Semarang sedang melayani pengambilan BLT subsidi BBM, Kamis (8/9/2022). (Ponco Wiyono-Solopos.com)

Solopos.com, SEMARANG — Kantor Pos Besar Semarang mulai mencairkan bantuan langsung tunai (BLT) kepada 78.000 keluarga penerima manfaat (KPM) sebagai kompensasi atas kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM). Penyaluran BLT subsidi BBM itu disalurkan kepada warga Kota Semarang mulai hari ini, Kamis-Sabtu (8-17/9/2022).

“Hari ini yang akan menerima adalah sebanyak 510 keluarga penerima manfaat atau KPM. Sementara jadwal besok masih dihitung lagi. Pencairan BLT BBM ini dibagi beberapa tahapan. Jadi untuk tahap pertama ini disalurkan untuk warga sejumlah 78.000-an,” ujar Kepala Kantor Pos Besar Semarang, Muhammad Ramdan, Kamis (8/9/2022).

Promosi BRI Pastikan Video Uang Hilang Efek Pemilu untuk Bansos adalah Hoaks

Menurut Ramdan, setiap penerima manfaat akan mendapatkan uang dari BLT BBM sebanyak Rp150.000 yang diterima langsung dalam dua bulan, sehingga totalnya Rp300.000.

Ia menambahkan, Kantor Pos Besar Semarang atau yang dikenal juga dengan Kantor Pos Johar Semarang sampai saat ini masih menghimpun data keseluruhan jumlah penerima manfaat yang berhak mendapatkan BLT BBM. Sinkronisasi data terus dilakukan bersama Dinas Sosial Jawa Tengah (Dinsos Jateng) dan Dinsos Kota Semarang.

“Saya masih mengulik data, berapa banyak jumlah penerima manfaat untuk program BLT BBM. Sebab data yang dikirimkan Kemensos dikerjakan bertahap,” lanjut Ramdan.

Baca juga: Sejarah Panjang Kantor Pos Besar Semarang

Ramdan mengaku, selain mencairkan uang BLT BBM pihaknya mendapat perintah untuk menyalurkan bantuan dari program Bantuan Pangan Non-Tunai (BPNT). “Terkait program BPNT ini, setiap penerima manfaat memperoleh jatah sembako senilai Rp200.000,” jelasnya.

Penyaluran program BPNT di Semarang akan dilakukan bersamaan dengan BLT BBM. Menurut Ramdan, langkah ini sesuai dengan perintah dari Menteri Sosial, Tri Rismaharini.

“Sesuai arahan Ibu Menteri, yang meminta BPNT disalurkan lewat kantor pos. Jadi dalam dua tahap penyaluran nanti, ada warga yang terima BPNT, BLT BBM atau bisa jadi dapat dua-duanya. Kalau ditotal uang BLT BBM sebesar Rp300.000, lalu BPNT Rp200.000 dalam bentuk sembako,” jelasnya.

Baca juga: Melihat Koleksi Prangko Kantor Pos Besar Semarang

Sementara itu, hari pertama penyaluran BLT BBM di Kantor Pos Besar Semarang tercatat ada sekitar 483 KPM yang telah menerima bantuan sosial (bansos) tersebut. Petugas yang melayani pengambilan bantuan di Kantor Pos Besar Semarang, Dwi, mengaku layanan dibuka sejak pukul 08.00 WIB dan berakhir pada pukul 15.00 WIB.

“Tadi, tiga jam pertama ramai sekali. Sementara semakin siang, masyarakat yang datang satu demi satu,” jelasnya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya