SOLOPOS.COM - ilustrasi pelelangan ikan hasil tangkapan. (JIBI/dok)

Hasil laut yang diperdagangkan di TPI Pekalongan capai Rp1 mliar

Semarangpos.com, PEKALONGAN – Nilai transaksi lelang di Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Kota Pekalongan, Jawa Tengah, selama dua hari berturut-turut mencapai lebih Rp1 miliar meski kondisi cuaca buruk.

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

Kepala TPI Kota Pekalongan, Kasim Sumadi di Pekalongan, Rabu (17/2/2016), mengatakan, aktivitas lelang ikan selama dua hari terakhir ini masih ramai sehingga nilai transaksi mencapai Rp1 miliar.

“Pada hari ini [Rabu], kami perkirakan nilai transaksi mencapai lebih Rp1 miliar karena ada tiga kapal berbobot di atas 30 GT dan enam kapal Arek-Arek membongkar hasil tangkapan ikan,” katanya.

Ia mengaku sebelumnya pertengahan Februari 2016 aktivitas lelang ikan sempat lumpuh karena pengaruh kondisi cuaca buruk di perairan Laut Jawa.

“Akan tetapi, mulai dua hari terakhir ini, aktivitas lelang ramai karena kepal berbobot di atas 30 GT mapun kapal kecil sudah mulai merapat untuk membongkar hasil tangkapannya,” katanya.

Ia mengatakan nilai transaksi lelang ikan pada Januari 2016 mencapai Rp25,82 miliar dengan produksi ikan 17,396 ton.

“Nilai transaksi lelang ikan pada Januari 2016 mencapai Rp25,82 miliar atau naik dibanding bulan yang sama tahun sebelumnya Rp12,67 miliar,” katanya.

Menurut dia, meningkatnya nilai transaksi ikan karena bertambahnya jumlah kapal penangkap ikan yang membongkar hasil tangkapannya di TPI.

“Selain itu, juga tidak adanya masa paceklik. Meski ombak relatif tinggi, nelayan masih melaut sehingga banyak kapal yang melelangkan ikan di TPI,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya