SOLOPOS.COM - Ilustrasi pemilihan umum kepala daerah (JIBI/Harian Jogja/Istimewa)

Hasil pilkada 2015 telah diketahui oleh masyarakat. Pemprov Jateng mengusulkan para pemenang pilkada dilantik serentak.

Semarangpos.com, SEMARANG – Pemerintah Provinsi Jawa Tengah mengusulkan ke Kementerian Dalam Negeri agar pelantikan kepala daerah pemenang pilkada di 21 kabupaten/kota di Jateng dilakukan serentak di Lapangan Pancasila, kawasan Simpang Lima, Kota Semarang.

Promosi Usaha Endog Lewo Garut Sukses Dongkrak Produksi Berkat BRI KlasterkuHidupku

“Kami sudah mengajukan konsep pelantikan [yang dilaksanakan di kawasan Simpang Lima] ke Kemendagri, mudah-mudahan disetujui,” kata Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Tengah Sri Puryono di Semarang, Rabu (13/1/2016).

Ia menjelaskan pelantikan kepala daerah terpilih yang dilakukan secara serentak itu diusulkan untuk kepentingan efisiensi.

“Pelantikan kepala daerah yang tidak dilakukan satu per satu itu dilakukan agar lebih efisien, lebih murah, dan praktis,” ujarnya.

Kendati demikian, Sri Puryono mengaku belum dapat memastikan berapa jumlah anggaran yang bisa dihemat dengan dilakukannya pelantikan kepala daerah secara serentak itu.

Ia mengharapkan usulan lokasi pelantikan kepala daerah pemenang pilkada disetujui oleh Kemendagri dan bisa dilakukan secepatnya.

“Pelantikan yang dilaksanakan lebih cepat itu lebih baik, karena dengan demikian daerah yang bersangkutan tersebut segera memiliki kepala daerah definitif,” katanya.

Wakil Gubernur Jateng, Heru Sudjatmoko berharap pelantikan kepala daerah pemenang pilkada serentak bisa dilangsungkan akhir Februari atau awal Maret 2016.

“Pilkadanya serentak, jadi pelantikannya juga serentak karena pelantikan menyangkut masa jabatan. Kalau pelantikan berbeda-beda, nanti berakhirnya masa jabatan juga berbeda-beda,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya