SOLOPOS.COM - Kondisi angkot yang terbakar di dekat Pasar Karangayu, Kota Semarang, Rabu (24/8/2022). (Solopos.-Humas Damkar Semarang)

Solopos.com, SEMARANG — Warga di sekitar Pasar Karangayu, Jalan Siliwangi, Kota Semarang, Jawa Tengah (Jateng), digegerkan dengan peristiwa terbakarnya angkutan umum perkotaan atau angkot, Selasa (24/8/2022) pagi, atau sekitar pukul 06.30 WIB.

Kebakaran yang melanda angkot itu diduga akibat selang saluran bahan bakar mesin (BBM) bensin bocor, hingga menimbulkan percikan api. Beruntung, tidak ada korban jiwa dalam insidenn tersebut karena angkot dalam kondisi kosong.

Promosi BRI & E9pay Perkuat Kolaborasi Tingkatkan Layanan Finansial bagi PMI di Korsel

Seorang saksi mata, Rifky Deni, 27, mengatakan peristiwa terbakarnya angkot di Pasar Karangayu Semarang itu berawal dari munculnya kepulan asap di sekitar lokasi kejadian. Meski demikian, tidak ada yang menyangka jika asap itu berasal dari angkot yang sedang diparkir di sekitar Pasar Karangayuu.

“Kebetulan tadi saya habis mengantar penumpang, lihat asap tebal. Saya kira ada kebakaran rumah. Setelah didatangi ternyata Daihatsu [angkot],” ujar Rifky kepada wartawan, Rabu.

Pria yang bekerja sebagai pengemudi ojek daring itu menyebut tidak ada korban jiwa dalam insisen tersebut. Hal itu dikarenakan angkot dalam kondisi kosong dan masih berhenti menanti penumpang di depan sebuah rumah makan padang yang tak jauh dari Pasar Karangayu.

Baca juga: Lupa Matikan Tungku, Dua Rumah Produksi Tahu di Grobogan Terbakar

“Angkot berhenti di rumah makan padang. Kemudian, sopirnya membetulkan selang besin atau apa, kurang tahu,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala Operasional dan Penyelamatan Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kota Semarang, Trijoto Poejo Sakti, membenarkan terbakarnya angkot di depan Rumah Makan Padangg Sederhana yang ada di dekat Pasar Karangayu Semarang.

“Saksi melihat angkot di jalan sudah dalam kondisi terbakar. Ia lalu datang ke mako [markas damkar] dan meminta bantuan,” jelasnya.

Baca juga: Anindya Batik Art Semarang Tak Hanya Cari Laba, Pemberdayaan Difabel Juga Utama

Mendapat laporan adanya kebakaran yang melanda di tengah kesibukan warga di pasar tradisional, Damkar Kota Semarang pun langsung menerjunkan unit pemadam kebakaran. Selang 30 menit, api yang melahap angkot tersebut mampu dipadamkan.

Trijoto mengaku kebakaran angkot di dekat Pasar Karangayu Semarang itu disebabkan kebocoran selang bensin pada kendaraan tersebut dan terkena percikan api. Atas peristiwa itu, kerugian ditafsir mencapai Rp50 juta.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya