SOLOPOS.COM - Petugas memperlihatkan ular piton sepanjang 3 meter yang ditangkap di sebuah kandang ayam milik warga di Pati, Senin (13/12/2021). (Liputan6.com)

Solopos.com, PATI — Warga Dukuh Kunden, Desa Sidokerto, Kecamatan Pati, Kabupaten Pati, Jawa Tengah (Jateng), dihebohkan dengan penemuan ular piton sepanjang tiga meter. Ular piton itu ditemukan di sebuah kandang ayam milik warga, Senin (13/12/2021).

Penemuan ular piton sepanjang tiga meter dengan lingkar badan mencapai 18 sentimeter (cm) ini kali pertama dilaporkan perempuan berusia 60 tahun yang merupakan pemilik kandang ayam ke Polres Pati. Ia meminta kepada petugas untuk mengeluarkan ular piton itu karena khawatir ayam miliknya menjadi santapan ular tersebut.

Promosi BRI Sukses Jual SBN SR020 hingga Tembus Rp1,5 Triliun

“Ada ular masuk kandang ayam saya, tolong Pak Polisi bantu menangkapnya,” ujar ibu tersebut, dikutip Liputan6.com, Selasa (14/12/2021).

Baca juga: Warga Ngaku Lihat Ular Piton 4 Meter di Tebing Sungai di Karangmalang Sragen

Warga Dukuh Kunden Desa Sidokerto Kecamatan Pati itu mengaku ketakutan dengan kedatangan tamu tak diundang tersebut. Ia tak ingin ular itu berlama-lama berada di kandang ayamnya, agar ayam miliknya tidak menjadi santapan ular itu.

Kapolres Pati, AKBP Christian Tobing, melalui Kasi Humas Polres Pati, Iptu Sukarno, mengatakan Senin pagi itu petugas Sentra Pelayanan Kepolisian Terpadu (SPKT) kedatangan seorang ibu berusia 60 tahun yang melaporkan keberadaan ular di salah satu kandang ayamnya.

“Karena ketakutan dia lapor ke polisi, dan meminta bantuan untuk mengevakuasi ular yang membuatnya takut itu,” kata dia.

Mendapat laporan itu, Iptu Sukarno mengaku pihaknya langsung menuju rumah pelapor di Dukuh Kunden, Desa Sidokerto. Setibanya di lokasi tempat ular piton tampak berdiam diri, petugas kepolisian melakukan evakuasi ular tersebut.

Baca juga: Sah! Bek PSG Pati Bergabung ke Persis Solo

“Bergegas seorang petugas dibantu dua petugas lainnya untuk mengeluarkan ular dari kandang ayam milik Ibu Endang,” ujar dia.

Proses evakuasi ular piton sepanjang 3 meter ini pun berlangsung cukup lama. Setelah berhasil dievakuasi, ular itu pun langsung dibawa ke Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Resor Konservasi Wilayah (RKW) I Pati Barat.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya