SOLOPOS.COM - Logo Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi). (JIBI/Madiunpos.com/Dok.)

Hipmi Jateng bakal menggelar musda, Juli 2017 mendatang, dengan salah satu agenda pemilihan ketua umum.

Semarangpos.com, SEMARANG — Himpunan Pengusaha Muda Indonesia Jawa Tengah menjadwalkan pelaksanaan musyawarah daerah (musda), Juli 2017 mendatang. Salah satu agenda Musda Hipmi Jateng itu, yakni pemilihan ketua umum, kini telah bergulir.

Promosi BRI Cetak Laba Rp15,98 Triliun, ke Depan Lebih Fokus Hadapi Tantangan Domestik

Ketua Panitia Musda Hipmi Jateng, Febri Gumilang, di Kota Semarang, Rabu (14/6/2017), mengungkapkan hasil tahapan awal pemilihan ketua umum. Ia memastikan pesta demokrasi para pengusaha muda Jawa Tengah itu bakal diikuti empat peserta.

“Awalnya ada delapan yang mengambil formulir pendaftaran, selanjutnya pada tanggal 12 Juni 2017, hanya enam yang mengembalikan formulir,” terang Febri Gumilang.

Setelah diseleksi, katanya, dari enam pendaftar hanya empat yang lolos dan berhak mengikuti kampanye yang dilaksanakan, Kamis-Rabu (15-28/6/2017). Keempat kandidat ini adalah Ferry Firmawan yang sebelumnya menjabat sebagai Ketua Bidang UMKM, Koperasi, dan Pengembangan Startup, Denny Setiawan dari Kompartemen Industri Kreatif Berbasis Media, Triyanto Dwi Hartanto dari Kompartemen Pengembangan Infrastruktur Darat, dan Adyuta Puri Prana dari Kompartemen Perpajakan dan Regulasi.

“Untuk yang tidak lolos ini karena tidak memenuhi syarat, di antaranya tidak mengikuti diklatda dan belum memiliki kartu tanda anggota Hipmi nasional,” katanya.

Ia mengatakan untuk empat peserta yang lolos, nantinya diwajibkan mengikuti debat kandidat di televisi dan talkshow di radio. “Selain itu mereka juga bisa melakukan roadshow ke daerah-daerah atau iklan media, ini sifatnya pribadi,” katanya.

Febri mengatakan untuk syarat dukungan, di antaranya adalah surat rekomendasi minimal dari lima dewan pimpinan cabang (DPC) dan 76 suara dari 35 DPC yang ada di Jawa Tengah.

[Baca juga Hipmi Jateng Berambisi Lengkapi Kepengurusan Tingkat Kabupaten dan Kota]

Salah satu kandidat yang lolos pada seleksi tersebut, Ferry Firmawan, optimistis pemilihan ketua umum Hipmi Jawa Tengah akan jauh dari intrik. “Pada dasarnya pemilihan ini untuk membangun komunikasi dan kompromi, sehingga saya yakin yang awalnya pada pemilihan ini nantinya saya dengan tiga kandidat lain akan bertanding, tetapi setelah itu kami akan bersanding melanjutkan program-program Hipmi yang belum terealisasi,” katanya.

Ferry mengatakan ketua sebelumnya, yaitu M Reza Tarmizi sudah memberikan pondasi yang cukup kuat. “Salah satunya adalah komitmen pada upaya menyebarkan virus kewirausahaan. Siapapun yang terpilih ke depan pasti akan meningkatkan dan mengembangkan program sebelumnya,” katanya.

Ferry sendiri jika terpilih berjanji akan menggandeng lebih banyak organisasi, bukan hanya Kadin maupun akademisi tetapi juga karang taruna untuk mengembangkan dunia usaha di Jawa Tengah. “Salah satunya adalah pemuda dari pedesaan yang produktif. Meski demikian, kami tetap akan berkoordinasi dengan Kadin,” katanya.

Ia juga berjanji jika terpilih akan menemukan kembali ruh dan spirit dari Hipmi, yaitu menjadi sumber rujukan bagi “startup” atau pengusaha muda yang baru merintis. “Ke depan pengusaha harus memiliki spirit kedermawanan, itulah the real enterpreneur. Bukan hanya money hunter, tetapi juga memuliakan banyak pihak,” katanya.

Dengan semakin banyaknya kelompok muda yang berusaha berbisnis, pihaknya meyakini ketergantungan dengan pemerintah akan semakin berkurang.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya