SOLOPOS.COM - Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Semarang, Wing Wiyarso. (Solopos.com-Ponco Wiyono)

Solopos.com, SEMARANG — Objek wisata di Kota Semarang, Jawa Tengah (Jateng), akan kembali bertambah dalam waktu dekat ini. Objek wisata baru yang diprediksi bakal diburu pelancong itu tak lain adalah Jembatan Kaca Hutan Wisata Tinjomoyo di Kecamatan Banyumanik, Kota Semarang.

Wahana wisata di Hutan Tinjomoyo pun rencana segera dioperasikan. Namun sebelum dioperasikan secara resmi ada beberapa syarat yang harus dipenuhi.

Promosi Jaga Keandalan Transaksi Nasabah, BRI Raih ISO 2230:2019 BCMS

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Semarang, Wing Wiyarso, mengatakan ada beberapa tahapan yang perlu dilalui agar Jembatan Kaca Hutan Tinjomoyo bisa digunakan. Salah satunya adalah faktor penunjang keselamatan kesehatan kerja (K3) agar aman bagi wisatawan.

Wing pun mengaku jembatan kaca itu masih memerlukan kaajian sebelum akhirnya benar-benar dinyatakan layak untuk dikunjungi.

“Untuk tahapan awal ini sudah selesai, termasuk kajian persiapan operasional. Lalu yang juga harus kita kaji adalah mempersiapkan hal untuk menunjang keselamatan, keamanan dan kenyamanan untuk wisatawan, itu seperti apa,” papar Wing, Jumat (10/2/2023).

Saat ini, kondisi jembatan kaca di Hutan Tinjomoyo ini masih memiliki risiko bagi pengunjung jika dioperasikan. Kedua ujungnya belum tersambung dari sisi kanan ke sisi ke kiri.

Disbudpar Kota Semarang telah menyusun kajian dan hasilnya akan menjadi pedoman dalam penyusunan standard operation procedure (SOP) termasuk penyediaan penunjang sarana dan prasarana. Wing juga menyebut Disbudpar menilai pengunjung jembatan kaca ini harus dilengkapi tali harmless.

“Kami kan tidak akan pernah tahu apa yang akan terjadi, bisa saja ada orang stres yang melompat dari situ, malah kita yang kena masalah, ya pokoknya kita jaga-jaga saja jangan sampai ada kejadian seperti itu,” lanjutnya.

Sementara untuk akses menuju wisata Jembatan Kaca Hutan Tinjomoyo, Wing mengatakan Disbudpar akan menggandeng komunitas mobil off road di Kota Semarang.

“Kita akan bikinkan satu pola baru yaitu para pengunjung datang dan parkir di tempat wisata Tinjomulyo. Lalu mereka bisa ikut menggunakan mobil jeep seperti mini adventure dulu untuk bisa menuju ke lokasi jembatan kaca,” tandas Wing.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya