SOLOPOS.COM - Ilustrasi Banjir (Solopos/Whisnupaksa)

Solopos.com, SEMARANG — Hujan lebat yang melanda Kota Semarang, Jawa Tengah (Jateng), pada Sabtu (18/2/2023) sore, membuat dua kecamatan di Ibu Kota Jateng itu tergenang banjir. Kedua kecamatan yang terdampak banjir itu yakni Tembalang dan Pedurungan.

Di Kecamatan Tembalang, banjir melanda kawasan Dinar Indah di Kelurahan Meteseh. Daerah yang menjadi langganan banjir ini kembali tergenang air setelah tanggul Sungai Pengkol yang diperbaiki pada bulan Januari lalu jebol.

Promosi Selamat! 3 Agen BRILink Berprestasi Ini Dapat Hadiah Mobil dari BRI

Kasi Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Semarang, Adhi Yulianto, mengatakan kejadian banjir di Kota Semarang tejadi sekira pukul 15.00 WIB. Akibatnya, enam lokasi tergenang banjir dari total dua kecamatan yang terdampak.

“Penyebabnya tanggul jebol di dua titik dan limpasan sungai,” kata Adhi melalui laporan situasi yang diterima, Sabtu (18/2/2022) malam.

Secara terperinci, enam lokasi yang tergenang banjir itu yakni RT 006 RW026 Perumahan Dinar Indah, Kelurahan Meteseh, Grand Batik Sumberejo RW 003 Meteseh, Pengkol RW 007 Kelurahan Rowosari, Grand Permata Tembalang dan area RW 003 Rowosari, RT 001, 002, 008, 009 di Kelurahan Sedangguwo, Kecamatan Tembalang. Sementara di Kecamatan Pedurungan, banjir melanda Kelurahan Pedurungan Kidul.

“Titik pengungsian sementara di Masjid RT 006 RW 026 Ar- Rahman Perumahan Dinar Indah,” katanya.

Kendati ada dua kecamatan yang terdampak banjir di Semarang, Adhi mengaku kondisi air saat ini telah berangsur surut. Namun, pihaknya bersama BPBD Provinsi Jawa Tengah, sukarelawan dan jajaran terkait lainya masih bersiaga untuk menyiapkan logistik dan evakuasi bagi warga yang terdampak.

“Pintu air Pucang Gading telah dibuka. Sehingga air dapat segera melimpas kearah Banjir Kanal Timur dan segera surut,” ungkapnya.

Sekadar informasi, banjir yang melanda dua kecamatan kali ini berdampak pada ratusan jiwa di enam lokasi yang terendam banjir. Saat berita ini ditulis, belum ada laporan terkait korban jiwa akibat tanggul jebol dan limpasan sungai yang mengakibatkan banjir tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya