SOLOPOS.COM - Pegawai negeri sipil (PNS) Pemerintah Provinsi Jawa Tengah mengenakan busana adat Jawa saat upacara peringatan HUT Ke-66 Provinsi Jateng di Lapangan Pancasila, Simpang Lima, Kota Semarang, Senin (15/8/2016). (JIBI/Solopos/Antara/R. Rekotomo)

HUT Jateng, upacaranya akan digelar di Lapangan Pancasila, Simpang Lima, Semarang.

Semarangpos.com, SEMARANG – Akses menuju ke kawasan Simpang Lima, Kota Semarang, akan ditutup Selasa (15/8/2017) pagi. Penghentian lalu lintas kendaraan menuju kawasan itu dilakukan karena adanya upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-67 Provinsi Jawa Tengah (Jateng) yang digelar di Lapangan Pancasila, Simpang Lima, Semarang, pada pukul 06.30 WIB.

Promosi BRI Group Berangkatkan 12.173 Orang Mudik Asyik Bersama BUMN 2024

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Jateng, Dadang Somantri, mengatakan karena penutupan jalan menuju kawasan Simpang Lima seiring upacara bendera peringatan HUT ke-67 Jateng itu, kendaraan yang akan melewati Simpang Lima pun akan dialihkan melalui Jl. Sriwijaya, Jl. Veteran, kawasan Kampung Kali, Jl. Erlangga, Jl. Pandanaran II dan sekitarnya.

“Kami mohon maaf kepada masyarakat karena kawasan Simpang Lima ditutup sementara untuk upacara Hari Jadi Provinsi Jawa Tengah. Kami mohon pengguna jalan mencari jalur alternatif lain di sekitar Simpang Lima. Penutupan jalan menuju Simpang Lima juga akan diberlakukan saat Upacara HUT ke-72 RI pada Kamis, 17 Agustus nanti,” terang Dadang kepada Semaangpos.com, Minggu (13/8/2017) petang.

Dadang menambahkan pada upacara HUT Jateng nanti, seluruh peserta akan menggunaan pakaian tradisional Jawa. Untuk pria, akan menggenakan beskap Jawi Jangkep, lengkap dengan belangkon, keris, dan selop. Pakaian itu merupakan busana khas Jateng yang berasal dari kaum bangsawan dan keluarga Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat.

“Sementara untuk wanita akan menggenakan pakaian kebaya khas Jawa Tengah dengan kain jarit dan selop,” imbuh Dadang. Selain upacara, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jateng juga akan menggelar serangkaian acara untuk merayakan HUT ke-67 Jateng itu yang dipusatkan di Jepara, Jumat-Minggu (25-27/8/2017).

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya