SOLOPOS.COM - Ilustrasi gagal ginjal akut. (Freepik.com)

Solopos.com, SEMARANG — Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) Wilayah Jawa Tengah (Jateng) menyebut kasus gagal ginjal akut misterius pada anak telah ditemukan di Jateng. Kasus gagal ginjal akut misterius di Jateng ditemukan pada anak usia delapan bulan di wilayah Kabupaten Banyumas.

“Baru satu laporan dari Banyumas. Ini sedang kami lacak,” ujar Ketua IDAI Jateng, Fitri Hartanto, dilansir dari Antara, Rabu (19/10/2022).

Promosi Klaster Usaha Rumput Laut Kampung Pogo, UMKM Binaan BRI di Sulawesi Selatan

Ia mengatakan bahwa berdasarkan laporan yang disampaikan ke IDAI Jateng, diagnosis gagal ginjal pada pasien anak tersebut sudah tegak. Meski demikian, pihaknya saat ini masih menelusuri penyebab anak tersebut mengalami gagal ginjal akut.

“Masih kami cari penyebabnya, apakah juga mengonsumsi obat paracetamol yang ditengarai mengandung etilen glikol,” katanya.

Ia mengatakan bahwa dokter-dokter anak di wilayah Jateng telah diminta melaporkan temuan dugaan gagal ginjal akut pada anak. Selain itu, mereka juga diminta mengecek riwayat penyakit pasien apakah juga terserang Covid-19, gangguan saluran pernafasan, maupun saluran pencernaan.

Baca juga: Gagal Ginjal Akut Anak Capai 189 Kasus, Kemenkes: Tetap Tenang, tapi Waspada

Sementara itu, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) telah mencatat 189 kasus gagal ginjal akut misterius pada anak dari berbagai wilayah di Indonesia. Menurut data Kemenkes, gagal ginjal akut misterius itu menyerang anak usia 6 bulan hingga 18 tahun.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Jateng, Yunita Dyah Suminar, mengaku belum mendapatkan laporan dari Dinas Kesehatan di 34 kabupaten/kota di Jateng terkait temuan kasus gagal ginjal akut misterius pada anak. Meski demikian, ia mengaku akan melakukan koordinasi dengan IDAI Jateng terkait fenomena kasus tersebut.

“Belum ada [temuan kasus] di Jateng. Sampai saat ini kami masih menunggu laporan dari kabupaten/kota,” ujar Dyah kepada Solopos.com, Rabu siang.

Baca juga: Teka-Teki 5 Anak di DIY Meninggal Akibat Gagal Ginjal Akut, Dinkes: Misterius

Kasus gagal ginjal akut misterius pada anak juga telah ditemukan di wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Bahkan berdasarkan catatan Dinkes DIY sudah ada 13 anak di wilayah tersebut yang mengalami gagal ginjal akut misterius, di mana lima di antaranya mengalami kematian.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya