SOLOPOS.COM - Pemeriksaan hewan kurban (JIBI/Harian Jogja/Dok)

Idul Adha 2015 akan segera dirayakan. Pemkab Temanggung menerjunkan petugasnya untuk memeriksa hewan-hewan kurban.

Kanalsemarang.com, TEMANGGUNG– Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah, menjelang Idul Adha 2015 melakukan pemeriksaan hewan kurban di Pasar Hewan Temanggung, Jumat (18/9/2015).

Promosi Siap Layani Arus Balik, Posko Mudik BRImo Hadir di Rute Strategis Ini

Sejumlah petugas memeriksa kesehatan dan kelayakan ternak sebagai hewan kurban dengan melihat gigi ternak yang dipasarkan berupa kambing/domba dan sapi.

Kepala Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Temanggung, Slamet Saryono mengatakan tim pemantau ternak kurban selain sejumlah petugas dari Dinas peternakan dan Perikanan juga melibatkan pihak kepolisian.

Ia mengatakan pemeriksaan kesehatan ini untuk membantu masyarakat mendapatkan ternak kurban yang sehat.
Menurut dia secara umum ternak yang diperdagangkan di pasar hewan ini rata-rata memenuhi syarat kesehatan.

“Hewan yang kecil atau kurang bobot pasti tidak akan laku. Kami sudah melakukan sosialisasi secara langsung kepada masyarakat atau membagikan brosur kepada calon pembeli tentang ciri-ciri ternak yang sehat,” katanya.

Ia mengatakan masyarakat tentu menyeleksi sendiri hewan yang mau dibeli, jika yang dijual kecil-kecil tentu tidak akan laku.

Ia menuturkan dalam pemeriksaan ternak kurban tersebut pihaknya melibatkan lima dokter hewan dan 15 manteri kesehatan.

Selain memeriksa kesehatan hewan, petugas juga terlihat membagikan brosur tentang kesehatan hewan dan cara penyembelihan hewan kurban yang halal dan higienis.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya