SOLOPOS.COM - Warga Rutan Salatiga saat menguliti kambing di hari raya Iduladha, Senin (17/6/2024). (Istimewa)

Solopos.com, SALATIGA – Suka cita Hari Raya Iduladha tahun 2024 tidak hanya dirayakan oleh masyarakat umum, tetapi juga Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) dari Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kota Salatiga. Mereka juga tidak mau ketinggalan merayakan hari raya Iduladha meskipun dalam masa tahanan.

Mulai dari Minggu (16/6/2024) malam, para WBP dengan semangat mengumandangkan takbir dan mengikuti Salatiga Ied berjamaah yang dilaksanakan di selasar depan blok hunian Rutan pada Senin (17/6/2024) pagi. Kemudian dilanjutkan dengan pemotongan hewan kurban kambing di Rutan Salatiga.

Promosi 50 Jurnalis Peroleh Beasiswa S2 dari BRI Fellowship Journalism 2024

“Perayaan Iduladha tahun ini, ada 7 ekor kambing yang akan ditasarufkan untuk para WBP, 4 ekor disembelih pada hari ini dan 3 ekor untuk besok,” ungkap Redy Agian Kepala Rutan Salatiga, Senin (17/6/2024).

Redy mengungkapkan momentum perayaan Iduladha kali ini bisa dijadikan sebuah perubahan dan pengorbanan serta untuk meningkatkan ketaqwaan dan ketaatan kepada Allah SWT.

“Mari kita jadikan hari raya ini sebagai momentum perubahan diri. Mengorbankan hawa nafsu duniawi dan tentunya sebagai bekal untuk di akhirat kelak,” ungkapnya.

Redy menambahkan dengan Iduladha diharapkan menguatkan rasa keikhlasan pada diri sendiri, mengajarkan saling berbagi serta menjadi pengingat kita untuk selalu menjalankan perintah Allah SWT.

Sementara itu Jadi, salah satu WBP yang juga turut dalam penyembelihan hewan kurban merasa senang bisa merayakan Iduladha. Meskipun saat ini dirinya berada di penjara.

“Walaupun sedang menjalani masa pidana, saya pribadi dan teman – teman merasa senang bisa merayakan Iduladha, dan tentunya menjadi momen untuk memohon ampun atas kesalahan,” ucapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya