SOLOPOS.COM - Ilustrasi inflasi atau deflasi. (academyft.com)

Inflasi Jateng diperkirakan Bank Indonesia di Semarang bakal terkendali menjelang Lebaran 2016.

Semarangpos.com, SEMARANG — Bank Indonesia Kantor Perwakilan Jawa Tengah di Semarang memperkirakan inflasi Jateng menjelang Lebaran 2016 relatif terkendali pada kisaran 0,4%-0,5%. “Kalau melihat inflasi menjelang Lebaran tahun-tahun sebelumnya, di kisaran 0,7%,” kata Kepala BI Kanwil Jateng Iskandar Simorangkir di Semarang, Rabu (29/6/2016).

Promosi Jelang Lebaran, BRI Imbau Nasabah Tetap Waspada Modus Penipuan Online

Perkiraan inflasi tersebut juga lebih rendah dibandingkan realisasi inflasi jelang Lebaran 2015, yaitu pada kisaran 0,62%. Menurut dia, terkendalinya inflasi menjelang Lebaran 2016 ini seiring dengan upaya-upaya yang dilakukan oleh Pemerintah Provinsi Jawa Tengah melalui Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) dan pihak terkait.

“Salah satu upaya yang dilakukan adalah melaksanakan pasar murah. Dalam hal ini tidak hanya Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) tetapi juga pihak lain salah satunya Badan Musyawarah Perbankan Daerah (BMPD),” katanya.

Selain mengadakan pasar murah, upaya lain yang dilakukan oleh TPID yaitu melakukan kunjungan lapangan di antaranya ke gudang beras Bulog, gudang gula, dan pasar. “Upaya ini sangat efektif karena ternyata memberikan efek psikologis kepada para pedagang. Terbukti dari awal bulan Ramadan hingga saat ini harga komoditas pokok relatif terkendali,” katanya.

Meski demikian, salah satu yang perlu diwaspadai adalah terjadinya peningkatan harga cabai baik cabai hijau maupun merah di pasaran. Cabai merupakan salah satu komoditas pokok yang berkontribusi cukup besar terhadap terjadinya inflasi di Jateng. “Dari Sihati terlihat harga cabai merah ini sudah masuk zona merah. Dalam hal ini harus ada langkah antisipasi dari pihak terkait,” katanya.

 

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya