SOLOPOS.COM - Ilustrasi jalan tol Semarang-Solo Seksi I (Semarang-Ungaran). (JIBI/Solopos/Antara/R. Rekotomo)

Info mudik yang disampaikan PT Trans Marga Jateng menyebutkan penyiapan gardu pembayaran tambahan untuk ruas Banyumanik-Bawen pada musim mudik Lebaran 2016.

Semangpos.com, SEMARANG — PT Trans Marga Jateng selaku pengelola jalan tol di jateng menyiapkan gardu pembayaran tambahan di gerbang jalan tol Banyumanik dan Bawen guna mengantisipasi kemacetan akibat peningkatan volume kendaraan yang melintas pada arus mudik serta arus balik Lebaran 2016.

Promosi BRI Kantor Cabang Sukoharjo Salurkan CSR Senilai Lebih dari Rp1 Miliar

“Dengan adanya gardu tambahan tersebut maka satu lajur akan ada dua atau tiga gardu pembayaran jalan tol, tergantung pada tingkat kepadatannya,” kata Staf Utama Direktorat Teknik dan Operasi PT Trans Marga Jateng Ari Nugroho di Semarang, Jumat (24/6/2016).

Terkait dengan hal itu, PT TMJ juga menyiagakan sejumlah petugas di dekat gardu tambahan untuk mempercepat waktu pembayaran sehingga tidak ada penumpukan kendaraan di gerbang tol. Ia menjelaskan bahwa sejumlah gardu tambahan tersebut disiapkan karena diperkirakan ada peningkatan volume kendaraan yang melintas di jalan tol ruas Semarang-Ungaran dan Ungaran-Bawen sebesar 30% dibandingkan hari biasa.

“Volume kendaraan yang melintas di ruas tol Semarang-Ungaran pada hari biasa rata-rata sebanyak 25.000 kendaraan, sedangkan di ruas Ungaran-Bawen tercatat 23.000 unit,” ujarnya.

Ia menjelaskan, guna memberi rasa aman dan nyaman bagi para pemudik yang melintas di jalan tol Semarang-Solo ruas Semarang-Ungaran dan Ungaran-Bawen, PT TMJ juga menyiagakan peralatan penunjang dan personel yang bertugas. “Pola pengamanannya tetap sama dengan saat menghadapi masa mudik Lebaran tahun sebelumnya,” katanya.

Sementara itu, PT TMJ terus berupaya menyiapkan jalan tol Semarang-Solo ruas Bawen-Salatiga agar dapat digunakan masyarakat pada arus mudik Lebaran 2016, khususnya saat arus kendaraan di jalur utama padat. “Bawen-Salatiga masih diupayakan untuk dioperasikan saat mudik Lebaran, meskipun jalur yang dilewati tidak langsung terhubung dengan jalur tol ruas Semarang-Bawen,” ujar General Manager Teknik dan Operasional PT Trans Marga Jateng Prayudi.

Ia menjelaskan, jalan tol Bawen-Salatiga yang disiapkan untuk bisa dilalui dari pemudik itu mulai kawasan Delik (Tuntang) menuju pintu keluar tol Salatiga (Tingkir). Untuk dapat masuk ke jalan tol, kata dia, pengguna jalan mesti melewati jalur Tlogo Tuntang menuju Delik. “Kami beserta Dinas Pehubungan dan kepolisian telah menyiapkan rambu sementara serta direncanakan ada petugas yang berjaga di titik krusial,” katanya.

 

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya