SOLOPOS.COM - Bandara Ahmad Yani Semarang. (ankasapura1.co.id)

Info mudik kali ini datang dari Angkasa Pura I yang memperluas ruang tunggu Bandara Ahmad Yani menjelang Lebaran 2016.

Semarangpos.com, SEMARANG — Bandara Ahmad Yani Semarang meningkatkan kenyamanan dengan memperluas terminal eksisting atau ruang tunggu calon penumpang. “Dalam hal ini kami mengurangi jumlah tenant yang ada di ruang tunggu tersebut untuk selanjutnya kami tambah dengan kursi untuk calon penumpang,” kata General Manager PT Angkasa Pura I Bandara Ahmad Yani Priyo Jatmiko di Semarang, Jawa Tengah, Jumat (10/6/2016).

Promosi Keren! BRI Jadi Satu-Satunya Merek Indonesia di Daftar Brand Finance Global 500

Dengan pengurangan tenant atau beberapa gerai tersebut, pihaknya dapat menambahkan 400 kursi tunggu bagi calon penumpang. Penambahan ini untuk menambah 700 kursi yang sudah ada. Menurut dia, upaya tersebut penting dilakukan untuk menghadapi melonjaknya jumlah penumpang melalui Bandara Ahmad Yani pada musim arus mudik Lebaran 2016. “Terkait penataan ini, areanya berada di sisi timur dan barat ruang tunggu keberangkatan penumpang domestik,” katanya.

Secara lengkap, perluasan terminal eksisting tersebut dari 6.708 m2 menjadi 6.986 m2, sehingga total perluasannya adalah 278 m2. Sedangkan untuk area komersial luasannya berkurang dari 1.296 m2 menjadi 736 m2, total pengurangannya adalah 560 m2. “Total gerai yang akan dihilangkan di area terminal tersebut 10 gerai. Untuk penataan akan dimulai malam ini dan diharapkan dapat selesai pada 10 hari ke depan,” katanya.

Disinggung mengenai berkurangnya pendapatan dari sewa akibat pengurangan jumlah gerai tersebut, pihaknya mengaku tidak mempermasalahkan. “Memang sebagai salah satu BUMN kami dituntut untuk memperoleh keuntungan tetapi bukan berarti mengabaikan kenyamanan pengunjung,” katanya.

Pihaknya juga ingin meminimalisasi adanya keluhan dari penumpang yang terbang melalui Bandara Ahmad Yani mengenai kurangnya jumlah tempat duduk di terminal eksisting tersebut. “Penumpang sudah membayar airport tax Rp30.000, jadi berhak memperoleh kenyamanan selama di bandara,” katanya.

 

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya