SOLOPOS.COM - Ilustrasi situasi Terminal Mangkang (jatengnews.com)

Info Mudik 2016 kali ini datang dari Dishubkominfo Kota Semarang yang menjadikan Terminal Mangkang sebagai alternatif menghindari rob.

Semarangpos.com, SEMARANG — Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika Kota Semarang mengatakan Terminal Mangkang menjadi alternatif melayani pemudik karena Terminal Terboyo sering digenangi rob atau limpasan air laut.

Promosi BRI Pastikan Video Uang Hilang Efek Pemilu untuk Bansos adalah Hoaks

“Kami siap memfokuskan Terminal Mangkang untuk memberikan pelayanan penumpang pada arus mudik Lebaran 1437 Hijriah,” kata Kepala Dishubkominfo Kota Semarang Agus Harmunanto di Semarang, Senin (13/6/2016).

Meskipun sifatnya sementara waktu, kata dia, Dishubkominfo tetap akan memaksimalkan pelayanan dan fasilitas yang ada di Terminal Mangkang untuk menyambut penumpang pada musim mudik Lebaran 2016, baik saat terjadinya arus mudik maupun balik.

Kondisi Terminal Terboyo sekarang ini tidak memungkinkan untuk dilalui pemudik, mengingat genangan rob setinggi hingga 50 cm membuat bus-bus dan angkutan umum tidak bisa masuk ke dalam terminal. “Terminal Terboyo saat ini sering diluberi rob sehingga bus-bus tidak bisa masuk ke dalam terminal,” ucapnya.

Agus mengatakan segera berkoordinasi dengan Organda (Organisasi ANgkutan Darat) Kota Semarang untuk pengoptimalan Terminal Mangkang sebagai alternatif, sekaligus membantu melakukan sosiasisasi.

Berdasarkan prediksi Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Jawa Tengah, rob akan terjadi di sejumlah wilayah selama Juni dengan puncaknya diperkirakan terjadi pada akhir bulan Juni 2016 ini. “Diperkirakan rob reda pada 9-10 Juli 2016. Namun, kalau rob ternyata sudah surut pada 8 Juli mendatang, kami akan tetap memanfaatkan Terminal Terboyo untuk menyambut pemudik Lebaran ini,” ujarnya.

Sementara itu, anggota Komisi C DPRD Kota Semarang Suharsono mengakui kondisi Terminal Terboyo tidak memungkinkan untuk digunakan beraktivitas trasportasi karena genangan rob yang cukup tinggi. “Kami mendukung jika keberadaan Terminal Mangkang akan dioptimalkan seiring dengan rob yang menggenang di Terminal Terboyo,” kata politikus Partai Keadilan Sejahtera (PKS) tersebut.

Maka dari itu, simpul dia, Pemerintah Kota Semarang semestinya segera menyosialisasikan kepada masyarakat mengenai pengoptimalan Terminal Mangkang selama Lebaran agar masyarakat mengetahuinya. “Kondisi rob yang terjadi belakangan ini memang sangat mengganggu lalu lintas. Arus mudik terhambat. Makanya, Pemkot Semarang harus tegas dengan mengalihkan ke Terminal Mangkang,” pungkasnya.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya