SOLOPOS.COM - Bangunan yang pernah difungsikan sebagai puskesmas di Jl. Canden, Kutowinangun Kidul, Kecamatan Tingkir, Kota Salatiga, Jateng. (Facebook.com-Mas Londhow)

Infrastruktur berupa bangunan yang dahulunya digunakan sebagai puskesmas kini tak terurus dan memicu timbulnya kisah misteri.

Semarangpos.com, SALATIGA – Bangunan yang dahulunya digunakan sebagai pusat kesehatan masyarakat (puskesmas) di Jl. Canden, Kutowinangun Kidul, Kecamatan Tingkir, Kota Salatiga, Jawa Tengah (Jateng) kini terlihat kotor dan tak terurus karena sudah tak difungsikan lagi. Kosongnya salah satu infrastruktur bangunan di Kota Salatiga tersebut membuat khalayak dunia maya (netizen) mencuatkan kisah misteri.

Promosi Kuliner Legend Sate Klathak Pak Pong Yogyakarta Kian Moncer Berkat KUR BRI

Netizen di grup Facebook Kabar Salatiga ramai mengungkapkan bahwa bekas puskesmas di Jl. Canden itu kini menjadi bangunan yang dianggap angker. Perbincangan itu bermula dari foto bekas puskesmas tersebut yang diungah pengguna akun Facebook Mas Londhow, Rabu (24/5/2017).

Dalam keterangan foto, pengguna akun Facebook Mas Londhow sebenarnya menyayangkan bangunan milik Pemkot Salatiga itu kini tak terurus. “Oh. Puskesmasku. Mengapa oh mengapa. Eman eman tenan,” tulisnya pada keterangan foto.

Netizen member grup Facebook Kabar Salatiga lantas menanggapi unggahan foto itu dengan mengungkapkan bahwa bangunan itu sejak lama dikenal sebagai bangunan angker. “Pas aku sd..jare nee kono kui angkerr..nak lewat kono mestii mlayu [Pas saya masih duduk di bangku sekolah dasar, tempat itu konon adalah tempat angker, setiap lewat situ pasti lari],” ungkap pengguna akun Facebook Noviia Azzalia Triistyanto.

“Aku dulu pernah di situ. Ibu kerja disitu. Memang angker,” papar pengguna akun Facebook Andri.

Sejumlah netizen mengungkapkan harapan mereka agar infrastruktur milik Pemkot Salatiga tersebut difungsikan kembali. Jika tidak difungsikan kembali, setidaknya bangunan tersebut dibongkar agar tak menimbulkan kisah misteri di tengah masyarakat sekitar. “Mending dibongkar gedunge. Daripada buat markas lelembut,” tulis pengguna akun Facebook Annisa Thok Thill.

Bangunan bekas puskesma di Jl. Canden itu memang sudah lama tak difungsikan. Pengguna akun Facebook Refinna Sari yang mengaku pernah menjadi pegawai di banguan tersebut memaparkan bahwa bekas puskesmas itu sudah dikosongkan sejak 15 tahun silam. Puskesmas tersebut terpaksa ditutup karena sepinya pasien dan kerap menjadi sasaran pencurian pihak tak bertanggung jawab.

Pengguna akun Facebook Mas Londhow sebagai pengunggah foto tersebut lantas mengajak netizen di grup Facebook Kabar Salatiga untuk bergotong royong membersihkan infrastruktur di Salatiga yang tak terurus tersebut. Selain agar terlihat bersih, ia berharap bangunan itu tak lagi dikenal sebagai bangunan angker oleh masyarakat sekitar. (Ginanjar Saputra/JIBI/Semarangpos.com)

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya